Breaking News:

Wakil Bupati Siak Jadi Khatib Salat Jumat, Serahkan IMB Masjid Alfurqan Kwalian

Wakil Bupati Siak Husni Mirza menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Alfurqan, Kwalian, Kecamatan Siak, Jumat sekaligus menyerahkan IMB.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Pemkab Siak
Wakil Bupati Siak Husni Merza menyerahkan IMB masjid Alfurqan Kwalian kepada pengurus masjid setempat, Jumat (22/10/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Wakil Bupati Siak Husni Mirza menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Alfurqan, Kwalian, Kecamatan Siak, Jumat (22/10/2021) sekaligus menyerahkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) masjid tersebut kepada pengurusnya.

Kehadiran Husni disambut antusias pengurus masjid dan jemaah. Bahkan jemaah masjid tersebut pada Jumat kali ini terasa lebih banyak dari sebelum-sebelumnya.

Ketua Nazir Masjid Alfurqan Kwalian Toto Santoso mengatakan, mesjid Alfurqan awalnya adalah musala. Seiring bertambahnya jemaah maka diubah statusnya menjadi masjid.

“Hari ini bukan salat Jumat perdana di masjid Alfurqan, namun kehadiran Pak Wabub sangat terasa istimewa bagi kami,” kata dia.

Ia menyampaikan, isi khutbah Wabup Husni sangat lembut, menginsipirasi dan menambah wawasan jemaah. Selain itu IMB yang diterima merupakan administrasi pendirian bangunan masjid sudah diakui dan legal.

Toto juga menyampaikan, masjid tersebut dibangun menggunakan dana ummat, baik dari wakaf, infak maupun sedekah.

Pihaknya masih terus melakukan penyempurnaan, karena masih banyak kekurangan secara fasilitas untuk memenuhi kritetia sebagai masjid Jamik atau besar.

Dalam kesempatan itu, Wabup Husni Mirza menyerahkan IMB kepada Takmir Masjid Alfurqan yakni Ustad Ghazali Hamzah.

Husni menyampaikan pesan agar sentiasa menjaga Ukhuwah Islamiyah, dan mengingatkan jamaah untuk sentiasa meningkatkan amal jariah dengan infak, sedekah dan wakaf.

"Pendirian masjid secara swadaya seperti ini, tentunya menjadi ladang amal bagi kita. Dan sebaiknya setiap jamaah juga punya program amalan rutin dalam berinfak, yakni infak subuh. Hal ini sesuai pesan dakwah alm Ustad Ali Jaber yang selalu mengingatkan kita untuk amalkan infak subuh sesuai proporsi kita masing-masing. Namun dilakukan secara rutin dan istiqamah," ujar Husni.

Kegiatan itu juga dihadiri Camat Siak Tengku Indra Putra, dan Lurah Kampung Rempak Zuhrijan dan ratusan jemaah masjid.

Pada kesempatan itu Husni teringat masa kecilnya, bahwa tanah masjid dan kompleks perumahan di sekitar masjid merupakan tanah milik ayah Husni, yakni Alm Ibnu Khaldun.

Karena itu kompleks perumahan di sama dinamakan Kompleks Perumahan Ibnu Khaldun. Sebagian tanah ayahnya tersebut untuk fasilitas umum di antaranya pendirian masjid tersebut.

Sebelum meninggalkan masjid, Wabup Husni Mirza bersama Camat, Lurah, Takmir dan jamaah Masjid Alfuron melakukan makan bersama, sebagai wujud syukur atas kelancaran proses pembangunan yang bersumber dari wakaf dan infak kaum muslimin tersebut.

Selain itu menjadi ajang silaturahmi bagi jamaah, apalagi acara kumpul dan makan bersama sudah sangat lama tidak dilakukan di sana. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved