Breaking News:

Dua Hari Lagi Pilkades Serentak, Dinas PMD Inhu Masih Hadapi Sengketa di Pengadilan

Dua hari lagi Pilkades di Inhu serentak akan berlangsung namun Dinas PMD Inhu masih menghadapi sengketa di pengadilan.

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: Ariestia
Internet
Dua hari lagi Pilkades di Inhu serentak akan berlangsung namun Dinas PMD Inhu masih menghadapi sengketa di pengadilan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Dua hari lagi Pilkades di Inhu serentak akan berlangsung namun Dinas PMD Inhu masih menghadapi sengketa di pengadilan.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) akan digelar tanggal 27 September 2021 mendatang.

Namun saat ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Inhu masih menghadapi sengketa di Pengadilan Negeri (PN) Rengat.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Inhu, Yenni Elita menyampaikan bahwa sebelumnya salah seorang calon Kades di Desa Pauh Ranap, Kecamatan Peranap atas nama Buhari melayangkan gugatan ke PN Rengat karena tidak diloloskan sebagai salah satu calon Kades. Menurut Yenni Buhari tidak melengkapi salah satu syarat, yakni SK nya sebagai Kades Pauh Ranap pada periode tahun 90 an.

"Yang bersangkutan memang pernah menjadi Kades, namun SK nya ketika itu hilang saat kebakaran. Pihak panitia sudah menyampaikan solusi agar segera menguruskan SK tersebut namun ternyata sampai saat pendaftaran tidak selesai diurus," kata Yenni kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (25/10/2021). Yenni juga menyampaikan bahwa pihaknya saat ini proses gugatan masih berjalan di PN Rengat.

"Kemarin masing-masing pihak sudah menyampaikan repliknya, Selasa besok tinggal putusannya saja," kata Yenni. Meski begitu Yenni menyampaikan bahwa Pilkades Inhu tetap berjalan meski proses gugatan tersebut berjalan. Sebab menurutnya apabil terjadi kesalahan administrasi, maka gugatan tersebut harusnya disampaikan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Sementara itu, Yenni juga menyampaikan bahwa saat ini sudah memasuki masa minggu tenang. Sehingga seluruh atribut kampanye Pilkades di Inhu sudah dicabut.

Selain itu, Yenni mengatakan bahwa seluruh logistik untuk kebutuhan Pilkades juga sudah didistribusikan, seperti kotak suara dan thermogun.

Untuk informasi 64 desa di Kabupaten Inhu akan menggelar Pilkades serentak. Total calon yang akan bertarung memperebutkan posisi Kades pada tahun ini sebanyak 215 calon.

Animo kaum perempuan yang ikut serta sebagai Calon Kades di Inhu juga tinggi, yakni sebanyak 16 peserta. (Tribunpekanbaru.com/Bynton Simanungkalit)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved