Breaking News:

Tegang, China Peringatkan Jepang untuk Tidak Mempertanyakan Sejarah Berdirinya Taiwan

Dilansir dari cgtn, Senin sore, China memperingatkan Tokyo untuk tidak melewati batas mengenai pertanyaan dan sejarah Taiwan.

Penulis: Guruh Budi Wibowo | Editor: Ilham Yafiz
AFP / GREG BAKER
Menlu China Wang Yi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - China meradang, Tokyo coba campuri persoalan China dengan Taiwan hingga sejarah ke dua negara.

Penasihat Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan pada hari Senin 25 Oktober jika China dan Jepang harus mengambil tindakan nyata untuk memperkuat hubungan bilateral.

Dilansir dari cgtn, Senin sore, China memperingatkan Tokyo untuk tidak melewati batas mengenai pertanyaan dan sejarah Taiwan.

Wang membuat pernyataan pada upacara pembukaan Forum Beijing-Tokyo ke-17 melalui tautan video di Beijing.

Wang mengungkapkan keprihatinan serius China atas penanganan pemerintah Jepang atas sejarah agresinya selama Perang Dunia II dan kebijakannya tentang masalah Taiwan.

Tidak ada area abu-abu dalam masalah ini, Wang memperingatkan.

Para pemimpin kedua negara telah sepakat dalam pembicaraan telepon terbaru mereka untuk memajukan hubungan bilateral yang memenuhi persyaratan era baru, Wang mencatat, karena kedua belah pihak menandai peringatan 50 tahun normalisasi hubungan diplomatik China-Jepang tahun depan.

Kami berharap pemerintah Jepang dapat secara efektif menerapkan konsensus politik bahwa China dan Jepang adalah mitra kerja sama dan bukan ancaman satu sama lain, serta dapat mengambil tindakan nyata untuk memperkuat hubungan bilateral, tambahnya.

Kedua negara harus memperdalam kerja sama dan bekerja sama untuk memastikan stabilitas rantai pasokan dan produk global, serta memperkuat kerja sama ekonomi digital dan pengurangan emisi karbon.

Mereka juga harus menangani dengan baik isu-isu sensitif utama dan mengelola perbedaan dalam hak asasi manusia dan ideologi, sebagai bagian dari upaya untuk menjaga kepercayaan politik, tambahnya.

( Tribunpekanbaru.com )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved