Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Tindak Lanjut Permohonan Pemda Rohul untuk Membangun 5 Jembatan dengan dukungan DAK Riau

pembangunan lima jembatan tersebut sangat dibutuhkan mengingat tingginya mobilitas masyarakat di kawasan tersebut

Penulis: Syahrul | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Pada peresmian Jembatan Sei Siasam di Desa Rokan Timur Kecamatan Rokan IV Koto beberapa waktu lalu, Bupati Rokan Hulu Sukiman sempat meminta agar Gubernur Riau Syamsuar mengabulkan permohonan Pemda Rohul untuk membangun lima jembatan dengan dukungan DAK Provinsi Riau.

Tindak lanjut hal tersebut, Kadis PUPR Rokan Hulu Anton pada Senin (25/10) mengatakan, lima jembatan yang dimaksud adalah Jembatan Sei Batang Lubuh pada ruas jalan Surau Munai-Ujung Gurab di Kecamatan Rambah Hilir sepanjang 90 meter, Jembatan Sei Batanc Kumu pada ruas jalan Mahato-Suka Damai di Tambusai Utara sepanjang 60 meter, Jembatan Gantung Sei Batang Lubuh pada Ruas Jalan Langgar Payung-Aek Matua di Bangun Purba sepanjang 120 meter.

Lalu, Jembatan Sei Batang Lubuh pada ruas jalan Koto Tengah-SP III di Kepenuhan sepanjang 120 meter dan Jembatan Sei Rokan pada ruas jalan lingkar Ujung Batu-Suka Damai di Ujung Batu sepanjang 100 meter.

"Semua jembatan itu merupakan akses penghubung tunggal di masing-masing lokasi yang akan menghubungkan dua daerah tersebut," kata Anton.

Dia menerangkan, pembangunan lima jembatan tersebut sangat dibutuhkan mengingat tingginya mobilitas masyarakat di kawasan tersebut.

Selain diperlukan sebagai akses anak sekolah, jembatan itu juga nantinya berperan sebagai jalur lintas komoditas asli desa di masing-masing lokasi.

"Selain untuk mobilitas masyarakat, jembatan-jembatan tersebut akan membuka akses menuju desa yang saat ini masih sangat terbatas karena tak ada jalur penghubung," sampainya.

Diteruskan dia, kondisi saat ini masyarakat di lima tempat tersebut masih bergantung pada pelayangan (rakit) sebagai media penyeberangan yang sangat terbatas pada pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

Anton berharap, Pemprov Riau dapat mengabulkan permohonan pembangunan lima jembatan itu untuk membuka seluruh kawasan di Rokan Hulu agar terhubung satu sama lain.

"Saat ini, staff PUPR Rokan Hulu tengah melakukan review di BPKP sebagai proses pengajuan proposal pembangunan lanjutan lima jembatan tersebut," tandasnya. (mad)

Caption:
Jembatan Sei Siasam yang baru saja diresmikan oleh Gubri Syamsuar di Desa Rokan Timur Kecamatan Rokan IV Koto Rokan Hulu beberapa waktu lalu. Nampak di sebelah kanan jembatan baru dan di sebelahnya bangunan jembatan lama.

Lima jembatan.
Lokasinya ada di:
- Jembatan Sei Batang Lubuh pd ruas jalan Surau Munai-Ujung Gurab (Rambah Hilir) 90 m
- Jembatan Sei Batang Kumu pd ruas jalan Mahato-Suka Damai (Tambut) 60 m
- Jembatan Gantung Sei Batang Lubuh pd Ruas jalan Langgar Payung-Aek Matua (Bangun Purba) 120 m
- Jembatan Sei Batang Lubuh pd ruas jalan Koto Tengah -Sp3 (Kepenuhan) 120 m
- Jembatan Sei Rokan pd ruas jalan lingkar Ujung Batu-Suka Damai (Ujung Batu) 100 m

Sumber:
Dinas PUPR Rokan Hulu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved