Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Harga PCR Sudah Turun Tapi Masyarakat Masih Keberatan, DPRD Pekanbaru: Dicabut Saja

Harga PCR sudah turun tapi masyarakat masih merasa keberatan, DPRD Pekanbaru pun memberikan tanggapan.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Manjunath Kiran / AFP
Foto Ilustrasi: Sample Swab tes. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -  Harga PCR sudah turun tapi masyarakat masih merasa keberatan, DPRD Pekanbaru pun memberikan tanggapan.

Pemerintah sudah menurunkan harga PCR, Senin kemarin. Sesuai arahan Presiden Jokowi, harga PCR diturunkan menjadi Rp 300.000 dan berlaku selama 3x24 jam untuk perjalanan pesawat.

Awalnya, harga tertinggi untuk tes PCR ditetapkan Kementerian Kesehatan sebesar Rp 495.000 untuk pulau Jawa dan Bali, serta Rp 525.000 untuk luar pulau Jawa dan Bali.

Meski sudah turun, namun di tengah masyarakat masih menganggap PCR naik pesawat tersebut, tidak perlu lagi. Apalagi masyarakat sudah vaksin dua kali.

Anggota Fraksi PDI-P DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan SPd MH menjelaskan, berbagai keluhan masyarakat ini, masih diterimanya. Bahkan masyarakat meminta ditiadakan saja PCR naik pesawat ini.

"Mending dicabut saja, dari pada ribut terus. Kasihan kondisi masyarakat sekarang," tegas Ruslan Tarigan kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (26/10/2021).

Politisi senior ini juga meminta, agar pemerintah melakukan kajian lagi swab ini. Sebab, semangat bangsa ini dari awal, yakni percepatan vaksinasi nasional.

Artinya, pemerintah menggencarkan vaksin kepada masyarakat. Terutama untuk mencapai target herd immunity bagi masyarakat.

"Kalau swab PCR dalam kondisi sekarang ini bagi masyarakat, mengejar bisnis profit. Tidak dalam rangka percepatan vaksin. Ini yang harus dievaluasi pemerintah," pintanya.

Jika tujuan pemerintah melakukan tes PCR untuk membatasi mobilitas warga, menurut Ruslan Tarigan tidak lah demikian. Yang harus dipastikan pemerintah itu, warga yang bepergian, harus sudah vaksin.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved