Breaking News:

Berita Riau

CPO Riau Dieskpor ke China dan India, Segini Nilainya dalam Mata Uang Dolar

Periode Januari-September 2021, China masih menjadi negara tujuan ekspor non migas Riau yang memiliki peranan terbesar

Penulis: Rino Syahril | Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
CPO Riau Dieskpor ke China dan India, Segini Nilainya dalam Mata Uang Dolar. Foto: Tangki CPO di Pabrik Kelapa Sawit 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Periode Januari-September 2021, China masih menjadi negara tujuan ekspor non migas Riau yang memiliki peranan terbesar dengan nilai mencapai US$ 2,62 miliar (20,12 persen).

"Komoditas utama yang diekspor Riau ke China pada periode tersebut adalah minyak kelapa sawit atau CPO , bubur kertas (pulp), kertas dan karton," ujar Kepala BPS Riau Misfaruddin kepada awak media, Rabu (27/10).

Kemudian, negara selanjutnya yang memiliki peran terbesar sebagai negara tujuan ekspor non Migas Riau adalah India dengan nilai US$ 1,92 miliar (14,75 persen), dan Belanda US$ 733,43 juta (5,62 persen).

"Sementara itu ekspor ke kawasan ASEAN dan Uni Eropa pada periode tersebut kontribusinya masing-masing 14,83 persen dan 15,12 persen," ucap Misfaruddin.

Untuk ekspor non migas kata Misfaruddin, mengalami kenaikan sebesar 41,38 persen.

Kenaikan ini disebabkan oleh naiknya ekspor industri sebesar 42,18 persen dibanding periode yang sama tahun 2020, meskipun ekspor pertanian mengalami penurunan sebesar 7,83 persen.

"Dilihat dari kontribusinya terhadap total nilai ekspor pada Januari-September 2021, ekspor non migas memberikan kontribusi sebesar 90,17 persen, sedangkan ekspor migas 9,83 persen.

Besarnya peranan sektor non migas didukung oleh peran sektor industri sebesar 89,23 persen," ungkapnya.

Sebagai informasi adapun 13 negara pemasok barang impor non migas ke Riau untuk negara Asean ada Malaysia, Vietnam, Filipina.

Kemudian untuk Uni Eropa ada Belanda, Spanyol, Italia serta untuk negara utama lainnya adalah Tiongkok, India, Pakistan, Amerika Serikat, Bangladesh, Mesir dan juga Korea Selatan. ( Tribunpekanbaru.com / Rino Syahril )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved