Breaking News:

Video Berita

Detik detik Banjir Bandang di Purbalingga Hanyutkan Kios Semi Permanen, Videonya Viral!

Derasnya air menggerus dinding sungai hingga menghanyutkan tiga kios semi permanen di Pasar Runjung. Rumah penduduk di bantaran juga terancam ambruk.

Editor: jefri irwan

TRIBUNPEKANBARU.COM - Banjir bandang menyapu bantaran Sungai Muli, Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (24/10/2021).

Derasnya air menggerus dinding sungai hingga menghanyutkan tiga kios semi permanen di Pasar Runjung.

Selain itu, sejumlah rumah penduduk yang berbatasan langsung dengan bantaran juga terancam ambruk.

“Kondisi tersebut cukup membahayakan jika terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat meninjau langsung lokasi bencana, Senin (25/10/2021).

Untuk penanganan bencana, Dyah berencana untuk membuat bronjong darurat.

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Purbalingga juga akan membangun talud di bantaran sungai pada tahun 2022.

“Saya sudah berpesan kepada Kades Tunjungmuli selaku pemilik wilayah untuk mengimbau warganya tidak berdagang di bantaran sungai dalam rangka mengantisipasi agar kejadian seperti kemarin yang terbawa arus air ini tidak terjadi kembali,” Kata Dyah.

Banjir bandang menyapu bantaran Sungai Muli, Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (24/10/2021).
Banjir bandang menyapu bantaran Sungai Muli, Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (24/10/2021). (Tangkapan layar facebook)

Sebelumnya Dyah mengaku telah menerima surat edaran dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat terkait antisipasi penanggulangan bencana alam.

Bencana alam yang saat ini sering terjadi disebabkan adanya intensitas curah hujan cukup tinggi.

Sebagai tindak lanjut dari surat tersebut, dalam waktu dekat bupati akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) antisipasi bencana yang akan disosialisasikan sampai ke tingkat desa.

“Nanti akan dibuatkan SE Bupati untuk disosialisasikan kepada seluruh kecamatan dan desa terkait surat edaran tentang antisipasi penanggulangan bencana,” ujar Dyah.

“Saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan serta mengajak masyarakat untuk bisa melakukan gerakan reboisasi,” sambungnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Banjir Bandang di Purbalingga Hanyutkan Kios, Videonya Viral!

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved