Breaking News:

Pilkades di Inhu Rasa Pesta Nikah, Pasangan Suami Istri jadi Cakades

Unik, Pilkades di Inhu digelar dengan rasa pesta nikah, pasangan suami istri jadi Cakades.

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: Ariestia
Istimewa
Unik, Pilkades di Inhu digelar dengan rasa pesta nikah, pasangan suami istri jadi Cakades. FOTO: Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) digelar Rabu (27/10/2021) hari ini. Sepasang suami istri maju menjadi Cakades di Desa Pasir Batu Mandi, Kecamatan Sungai Lala, Inhu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Unik, Pilkades di Inhu digelar dengan  rasa pesta nikah, pasangan suami istri jadi Cakades.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) digelar Rabu (27/10/2021) hari ini.

Terdapat 64 desa di Kabupaten Inhu yang menggelar Pilkades serentak di Inhu pada tahun 2021 ini.

Salah satu desa yang menggelar Pilkades adalah Desa Pasir Batu Mandi, Kecamatan Sungai Lala, Kabupaten Inhu. Uniknya di desa tersebut Calon Kepala Desa (Cakadesnya) adalah pasangan suami istri. Pasangan suami istri itu, yakni Ina Royani Cakades nomor urut satu dan sang suami, Mukhsin, Cakades nomor urut dua.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) digelar Rabu (27/10/2021).
Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) digelar Rabu (27/10/2021). Sepasang suami istri maju menjadi Cakades di Desa Pasir Batu Mandi, Kecamatan Sungai Lala, Inhu. (Istimewa)

Camat Sungai Lala, Elpahri Adha yang dikonfirmasi Tribunpekanbaru.com mengungkapkan meski pasangan suami istri itu saling bersaing dalam Pilkades serentak, namun mereka tetap menunjukan kemesraan saat proses pemilihan berlangsung. "Saat kampanye si istri yang merupakan Cakades nomor urut satu menyampaikan mendukung penuh program Cakades nomor urut dua yang merupakan suaminya," ujar Elpahri Adha, Rabu (27/10/2021).

Elpahri mengatakan dengan majunya pasangan suami istri tersebut, membuat Pilkades di Desa Pasir Batu Mandi serasa pesta pernikahan. Apalagi, panitia Pilkades Desa Pasir Batu Mandi sengaja menyiapkan kursi pelaminan kepada Cakades. Selain itu, kedua Cakades tersebut juga dirias ala pengantin.

"Selepas melakukan pencoblosan para warga yang sudah menggunakan hak pilihnya juga diberi makan nasi bungkus hasil sumbangan dari para donatur," ujar Elpahri.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) digelar Rabu (27/10/2021).
Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) digelar Rabu (27/10/2021). (Istimewa)

Pilkades serentak di Kabupaten Inhu pada tahun 2021 ini juga dipantau oleh Kementriam Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) melalui zoom meeting.

Pagi ini, Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi dan rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Inhu, diantaranya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhu, Elda Suhanura, Kapolres Inhu, AKBP Bachtiar Alponso, Danunit Intel Kodim 0302 Inhu, Letda Inf Diwar Asman, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rengat, Melinda Aritonang, Ketua Pengadilan Agama (PA) Rengat, Yunadi juga memantau pelaksanaan Pilkades serentak di sejumlah desa di Inhu. (Tribunpekanbaru.com/Bynton Simanungkalit)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved