Breaking News:

Berita Siak

Dinas Perpustakaan dan Arsip Siak Gelar Pelatihan Mendongeng untuk Guru PAUD dan TK

Dinas Perpustakaan dan Arsip Siak menggelar pelatihan mendongeng untuk guru PAUD dan TK.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Dinas Perpustakaan dan Arsip Siak menggelar pelatihan mendongeng untuk guru PAUD dan TK. FOTO: Bunda Literasi Kabupaten Siak Rasidah Alfedri memberikan sambutan pada acara pembukaan pelatihan mendongeng untuk guru PAUD dan TK se Kabupaten Siak, Senin (1/11/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Dinas Perpustakaan dan Arsip Siak menggelar pelatihan mendongeng untuk guru PAUD dan TK.

Mendongeng merupakan salah satu cara untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Tepatnya untuk merangsang anak dalam berbahasa dan mendorong untuk kecerdasan majemuk anak.

Hal tersebut disampaikan Bunda Literasi Kabupaten Siak Rasidah Alfedri saat membuka acara Pelatihan Mendongeng bersama Kak Jho bagi guru-guru PAUD/TK se Kabupaten Siak. Kegiatan itu bertempat di ruang pertemuan Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak, Senin (1/11/2021).

“Sebenarnya mendongeng ini merupakan budaya dari nenek moyang kita dulu, dan tentunya budaya ini akan kita lanjutkan untuk penguatan literasi,”kata Rasidah.

Menurutnya mendongeng atau bercerita kepada anak dapat mengasah daya pikir dan imajinasinya.

Kemudian cerita atau dongeng merupakan media yang efektif untuk menanamkan berbagai nilai dan etika kepada anak, bahkan untuk menumbuhkan rasa empati.

Lewat mendongeng pula dapat menumbuhkan minat baca anak.

“Begitu banyak manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan mendongeng, seharusnya ini menjadi kegiatan wajib oleh setiap guru-guru PAUD dan TK,” ucapnya.

Rasidah menyampaikan, melalui dongeng dapat mengajarkan hal-hal baik yang harus dilakukan oleh anak-anak dan hal-hal buruk yang tidak boleh dilakukan oleh anak-anak.

Keahlian bercerita atau mendongeng merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh para guru-guru PAUD bahkan orangtua.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved