Breaking News:

Tim Abdimas FK UNRI Bantu Pengelolaan Pelayanan Penyakit Asam Urat di Buluh Cina

Tim Abdimas FK Universitas Riau, membantu pengelolaan pelayanan penyakit Asam Urat melalui Posbindu PTM di desa Buluh Cina Kampar

Istimewa
Dr Zahtamal, SKM, MKes sebagai ketua Tim Pengabmas FK UNRI memberikan pemaparan materi dalam pengabdian masyarakat Tim Pengabmas FK UNRI di Desa Buluh Cina 

TRIBUNPEKANBARU.OM -  Dosen Fakultas kedokteran (FK) Universitas Riau (UNRI) bekerjasama dengan pimpinan Desa Buluhcina Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, dan Puskesmas Siak Hulu 3, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di desa Buluhcina Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Minggu (31/10/2021)

Tim dosen FK Unri sebagai narasumber dan instruktur dalam kegiatan itu antara lain Dr Zahtamal, SKM, MKes, Dr dr Elda Nazriati, MKes, SpKKLP, dr Nurhasanah, SpGK, Ridha Restila SKM, MKM dan dibantu oleh staff FK UNRI Nur Muhammad H, SE, serta Mahasiswa FK UNRI (Aisyah Ratu Ikhsan, Tia Masita Rosadi dan Resti Palupi).

Tema kegiatan yang diusung adalah “Optimalisasi pengelolaan pelayanan penyakit asam urat melalui Posbindu penyakit tidak menular (PTM) di masa pandemic Covid-19”.

Menurut Dr Zahtamal, SKM, M.Kes sebagai ketua Tim Pengabmas FK UNRI, kegiatan ini dilatar belakangi dari hasil wawancara yang dilakukan dengan petugas Puskesmas pembantu Desa Buluhcina,.

Penyakit tingginya asam urat banyak dialami oleh masyarakat di desa
Buluhcina.

Hal ini dibuktikan juga pada saat dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Minggu 31 Oktober 2021, melalui pemeriksaan langsung kadar asam urat.

Dari hasil pemeriksaan itu, ditemukan sekitar 50% peserta mengalami peningkatan kadar asam urat.

Kondisi ini sangat memprihatinkan, karena penyakit tingginya asam urat dan radang sendi (dalam dunia kesehatan dan kedokteran disebut dengan Artritis gout) biasanya diderita secara menahun (kronis).

Sehingga dapat menurunkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat. Selanjutnya, seiring dengan kondisi pandemi covid-19, upaya penemuan kasus dan pengelolaan kasus asam urat melalui Posbindu PTM kurang berjalan dengan baik.

Tim Pengabmas FK UNRI memberikan materi dalam pengabdian masyarakat Tim Pengabmas FK UNRI di Desa Buluh Cina, Minggu (31/10/2021)
Tim Pengabmas FK UNRI memberikan materi dalam pengabdian masyarakat Tim Pengabmas FK UNRI di Desa Buluh Cina, Minggu (31/10/2021) (Ist)

Hal ini disebabkan oleh karena belum berjalanya atau bukanya pelayanan Posbindu PTM.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved