Breaking News:

Dosen Politeknik Negeri Bengkalis Berikan Pelatihan Alat Destilasi Serai Wangi

Kedua dosen ini melakukan dua kegiatan dalam pengabdian, yaitu menyerahkan satu unit alat destilasi serai wangi kapasitas 100 kg/ proses

Editor: Ilham Yafiz
ISTIMEWA
Dosen Politeknik Negeri Bengkalis Berikan Pelatihan alat destilasi Serai Wangi dan pembuatan produk turunannya. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Dalam pengabdian masyarakat ini terdiri dari dua orang dosen, yaitu dari jurusan teknik mesin Abdul Gafur, S.Si., MT, dan Dosen dari jurusan Akutansi Keuangan Publik, Endang Sri wahyuni, M.Ak.

Kedua dosen ini melakukan dua kegiatan dalam pengabdian, yaitu menyerahkan satu unit alat destilasi serai wangi kapasitas 100 kg/ proses kepada kelompok tani sejahtera, kelompok PKK dasawisma Teluk Pambang, juga memberikan pelatihan produk turunan dari serai wangi, yaitu pembuatan handsanitiser dan sabun cuci tangan, Kamis 28/10/2021.

Pandemi covid 19 ini sangat berdampak terhadap perekonomian Mayarakat khususnya Desa Teluk Pambang. Salah satu yang dicanangkan oleh direktur BUMDesa Teluk Pambang adalah Budidaya Serai Wangi.

Saat ini BUMDesa beserta kelompok tani sejahtera dan kelompok lainnya sudah menananam serai wangi lebih kurang 1 hektar tanaman serai wangi.

Tapi saat ini mereka belum bisa mengolah serai wangi yang ditanam untuk di olah menjadi minyak serai wangi dan proses turunannya. Oleh karena itu dibuatkan alat destilasi untuk mengolah hasil tanaman serai wangi.

Alat destilasi serai wangi ini dibuat dengan kapasitas 100 kg/ proses dengan sistem uap langsung. Dari hasil penyulingan yang telah dilakukan untuk 100 kg serai wangi bisa mencapai lebih kurang 0,8-1 liter minyak serai wangi.

Limbah air sisa pemisahan dengan minyak serai bisa digunakan untuk membuat produk turunan seperti sabun cuci tangan, sabun cuci piring, pel lantai dan lain-lain”, sebut ketua pelaksana pengabdian Abdul Gafur yang juga Dosen Teknik Mesin Polbeng, Kamis 28/10/2021.

Selain alat serai wangi, kegiatan lain yang dilaksanakan pada program ini adalah kegiatan pelatihan budidaya serai wangi dari Science Teknopark Pekanbaru Izan, ST, MT kemudian pelatihan pembuatan handsanitiser oleh Sopian Hadi, MT, dari Science Teknopark Pekanbaru, dan pelatihan pembuatan sabun cuci tangan dan sabun cuci piring berbahan baku air serai wangi oleh Rozika, M.Kom.

Endang Sri Wahyuni mengungkapkan pelatihan ini dibuat agar masyarakat lebih memahami dan mengerti bahwa manfaat dari serai wangi sangat banyak dan bisa dibuat berbagai macam produk turunan seperti sabun cuci tangan, sabun cuci piring dan superpel.

“Semoga dengan adanya alat destilasi dan pelatihan yang diberikan bisa menambah gairah masyarakat Desa Teluk Pambang untuk membudidayakan serai wangi” ungkap Direktur Bumdesa Teluk Pambang.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) RISTEK BRIN, dari hasil pengajuan proposal oleh tim dosen Abdul Gafur dari Prodi Teknik Mesin dan Endang Sri Wahyuni dari prodi Akuntansi Keuangan Publik Polibeng”, ungkap Bapak Afridon Sebagai Ketua P3M Politeknik Negeri Bengkalis yang hadir di kegiatan tersebut. Kegiatan ini juga merupakan visi dari program P3M “Polbeng Membangun Desa”.

Kami berharap dengan adanya alat ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Teluk Pambang secara umum, khususnya kelompok sejahtera dan kelompok dasawisma Teluk Pambang", tutup Abdul Gafur. (adv)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved