Breaking News:

Berita Riau

Harga Sawit Menggila, Riau Dapat Apa dari DBH Sawit? Ini Jawaban Wamenkeu

Harga sawit menggila, di tengah meroketnya harga kepala sawit di Riau ternyata tak sebanding dengan apa yang diterima oleh Riau

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/SYAIFUL MISGIONO
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara bersama Gubernur Riau Syamsuar di kediaman Gubri. Wamenkeu mengatakan usulan DBH sawit masih dalam proses pembahasan di DPR RI. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Harga sawit menggila, di tengah meroketnya harga kepala sawit di Riau ternyata tak sebanding dengan apa yang diterima oleh Riau.

Sebab Dana Bagi Hasil (DBH) dari pajak perkebunan sawit di Riau hingga saat ini belum kunjung turun ke daerah, termasuk ke Riau.

Padahal truk-truk pengangkut buah sawit dan CPO setiap hari hari hilir mudik mengikis jalan di Riau hingga berlubang dan penuh dengan kubangan.

Namun kinclongnya harga sawit tak sebanding dengan penderitaan yang dirasakan masyarakat Riau.

Infrastruktur jalan menjadi rusak, sehingga warga sulit untuk melakukan mobilitas.

Sementara di sisi lain, ada pihak-pihak yang asyik ongkang-ongkang kaki menikmati hasil perkebunan sawit yang harga semakin menggila.

Melihat fenomena tersebut, Tribunpekanbaru.com mencoba langsung mempertanyakan fakta tersebut ke Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara usai menggelar pertemuan dengan Gubernur Riau Syamsuar, di rumah dinas Gubernur Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin (1/1/2021) malam.

Saat ditanya seperti apa perkembangan terbaru DBH sawit bagi daerah penghasil sawit di Indonesia, khususnya di Riau, Suahasil mengungkapkan, jika usulan itu masih dalam proses pembahasan di DPR RI.

“Iya tadi salah satu yang kita bahas soal DBH sawit dengan Pak Gubernur Riau. Jadi, saat ini (DBH sawit) masih dalam pembahasan dengan DPR,” katanya.

Suahasil menyampaikan, Kemenkeu sedang melakukan penghitungan terkait aspirasi dari daerah.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved