Breaking News:

Berita Pelalawan

Banjir di Pangkalan Kerinci, Komisi lll DPRD Pelalawan Desak Penanganan Darurat, Ini Langkahnya

Komisi III DPRD Pelalawan memanggil Dinas PUPR guna membahas solusi dan penanggulangan banjir yang mengepung ibukota Pelalawan selama 2 pekan terakhir

Penulis: johanes | Editor: CandraDani
Tribunpekanbaru.com
Ruas jalan di Kota Pelalawan tergenang air setelah diguyur hujan. Genangan air ini terjadi lantaran sistem drainase yang buruk, Selasa (26/10/2021) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Setelah Kota Pangkalan Kerinci dilanda banjir dalam dua pekan terakhir, Komisi lll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan Riau memanggil Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk rapat kerja, Rabu (3/11/2021).

Rapat membahas kondisi banjir yang melanda Kecamatan Pangkalan Kerinci yang telah terjadi secara berulang-ulang dalam dua pekan ini.

Banjir muncul akibat curah hujan yang tinggi dan diperparah dengan kondisi drainase dan parit yang tersumbat.

Pertemuan ini membahas solusi dan penanggulangan banjir yang mulai mengepung ibukota Pelalawan.

"Masyarakat sudah semakin resah dengan banjir ini. Kita lihat di Medsos keluhan makin ramai. Banjir ini harus ditangani secepatnya," kata Ketua Komisi lll DPRD Pelalawan Monang Pasaribu yang memimpin rapat, Rabu (3/11/2021).

Setelah Kota Pangkalan Kerinci dilanda banjir dalam dua pekan terakhir, Komisi lll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan Riau memanggil Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk rapat kerja, Rabu (3/11/2021).
Setelah Kota Pangkalan Kerinci dilanda banjir dalam dua pekan terakhir, Komisi lll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan Riau memanggil Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk rapat kerja, Rabu (3/11/2021). (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Dalam pertemuan dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Pelalawan Awaluddin ST MT beserta beberapa Kepala Bidang (Kabid). Sedangkan Komisi lll dihadiri Monang Pasaribu dan Andri Fransiskus Pane, serta sempat dihadiri Ketua DPRD Baharudin SH.

Pembahasan mengenai banjir dianalisa lebih rinci hingga membawa peta satelit Kota Pangkalan Kerinci untuk melihat jalur drainase yang ada di tiga kelurahan yakni Kerinci Kota Kerinci Timur, dan Kerinci Barat.

Ada tiga jenis drainase yang menjadi saluran untuk membuang air dari parit kecil hingga ke sungai besar. Drainase primer yang menghubungkan saluran air dengan kapasitas besar ke Sungai Kerinci.

Kemudian drainase skunder yang mengalirkan air ke parit primer yang jenisnya medium.

Terakhir parit tertier yang kapasitasnya kecil dan jumlahnya banyak seperti yang ada di perumahan, jalan atau gang, hingga pemukiman warga.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved