Breaking News:

Berita Riau

Naiknya Harga Minyak Goreng dan Cabai Merah Picu Meningkatnya Inflasi Riau, Segini Angkanya

Inflasi Oktober 2021 di Riau didorong oleh kenaikan harga komoditas kelompok bahan makanan terutama cabai merah dan minyak goreng

Penulis: Rino Syahril | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Maria Cahyaningtyas saat menghadiri on farm cabai PT Sarana Pangan Madani Pekanbaru beberapa waktu lalu. Naiknya harga minyak goreng dan cabai merah picu meningkatnya inflasi Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Inflasi Riau di bulan Oktober 2021 mencapai 0,32% (mtm) dan meningkat 0,13% dari September 2021 yang hanya tercatat 0,19% (mtm).

Meningkatnya inflasi dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Riau itu sejalan dengan perkiraan Bank Indonesia sebelumnya.

Maka dengan perkembangan ini, inflasi tahunan Riau mencapai 2,00% (yoy).

Meski lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi nasional yang tercatat 1,66% (yoy),inflasi Riau tersebut masih dalam rentang yang rendah dan terkendali.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provisi Riau, M Cahyaningtyas mengatakan, inflasi Oktober 2021 didorong oleh kenaikan harga komoditas kelompok bahan makanan terutama cabai merah dan minyak goreng.

Kenaikan harga cabai merah ditengarai sebagai dampak dari produksi yang terbatas seiring curah hujan yang tinggi pada wilayah produsen.

Sementara itu, meningkatnya harga minyak goreng didorong oleh harga CPO sebagai bahan baku minyak goreng,yang terus mengalami peningkatan.

“ Secara umum, kelompok makanan, minuman, dan tembakau menjadi penyumbang inflasi terbesar dengan andil inflasi sebesar 0,22% terhadap inflasi bulanan Riau,” ujar Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provisi Riau M.Cahyaningtyas, Rabu (3/11/2021).

Meningkatnya harga CPO itu tambah Tyas, didorong oleh peningkatan aktivitas konsumsi secara global.

Hal ini terindikasi dari penjualan domestik di beberapa negara yang mulai menunjukkan pertumbuhan positif, seperti retail sales Amerika Serikat yang tumbuh 13,1% (yoy) pada September 2021.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved