Breaking News:

Berita Pelalawan

Beruang Madu 3 Ekor Rusak Dapur dan Memakan Ternak Warga di Pelalawan,Ternyata Ada Sarangnya di?

Beruang madu sebanyak 3 ekor muncul di belakang rumah warga Desa Bukit Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa/Dok BKSDA Riau
Tim BKSDA Riau Resort Kerumutan Utara melakukan mitigasi terhadap konflik satwa liar beruang madu dengan masyarakat di Desa Bukit Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras, Pelalawan, Riau,Selasa (2/11/2021) lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KURAS - Beruang madu sebanyak 3 ekor muncul di belakang rumah warga Desa Bukit Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Hewan liar yang dilindungi itu terlihat warga pada Selasa (2/11/2021) lalu.

Satwa liar itu bahkan merusak dapur dan memakan ternak milik warga.

Alhasil tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) turun ke lokasi untuk melakukan mitigasi konflik satwa beruang madu dengan warga di Desa Bukit Kesuma.

Tim mengecek tempat munculnya beruang madu yang sempat merusak dapur serta memangsa hewan peliharaan masyarakat setempat.

"Tim dari Resort Kerumutan Utara dikirim ke lokasi konflik satwa beruang madu di Desa Bukit Kesuma. Sebelum melakukan penanganan, tim berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas setempat," ungkap Kepala Bidang BKSDA Wilayah l, Andri Hansen Siregar kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (4/11/2021).

Berdasarkan hasil mitigasi ke lapangan, tim menemukan sarang beruang madu di atas pohon yang berada di belakang rumah warga.

Sebanyak tiga ekor satwa bernama latin Helarctos Malayanus yang muncul terdiri dari dua ekor beruang dewasa dan satu lagi anakan.

Berdasarkan pengakuan warga, beruang tersebut datang sekitar pukul 01.00 WIB dini hari dan berusaha membuka dapur rumah warga.

Bahkan hewan berbulu hitam itu berusaha memasuki dua rumah melalui dapur yang dirusak.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved