Breaking News:

Berita Dumai

Selipkan HP di Kue Ultah Pernah Dipergoki Karutan Dumai, Over Kapasitas Picu Banyak Masalah?

Banyak modus untuk mengelabui petugas agar barang-barang terlarang bisa diselundupkan ke dalam rutan. Seperti hp diselipkan ke dalam kua ultah

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Penggeledahan Rutan Kelas IIB Dumai. Banyak cara dilakukan untuk mengelabui petugas agar barang-barang terlarang bisa diselundupkan ke dalam rutan. Seperti hp diselipkan ke dalam kua ultah. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Banyak cara dilakukan untuk mengelabui petugas agar barang-barang terlarang bisa diselundupkan ke dalam rutan. Seperti hp diselipkan ke dalam kua ultah.

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Dumai, terus melakukan pembenahan, dalam mencegah dini barang-barang terlarang masuk ke dalam rutan dan blok hunian para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Tentu tidak mudah, untuk benar-benar barang barang terlarang masuk ke dalam rutan, khususnya di kamar hunian warga binaan.

Namun dengan melakukan kerjasama serta bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP), barang-barang terlarang bisa dicegah.

Karutan Kelas IIB Dumai, Pance Daniel Panjaitan mengungkapkan, pihaknya akan terus berbenah dalam mencegah barang-barang terlarang, seperti handphone, senjata tajam, bahkan narkoba masuk ke dalam Rutan Kelas IIB Dumai.

Ia menambahkan, kondisi rutan saat ini masih dalam kondisi kelebihan kapasitas atau over capacity.

Kapasitas daya tampung Rutan Dumai yang hanya 256 WBP, saat ini diisi 1.049 WBP dengan jumlah pegawai rutan sebanyak 71 orang.

"Dalam 1 shift penjagaan hanya dijaga 10 orang petugas. WBP sebanyak 1.049 orang dengan petugas jaga hanya 10 orang, perbandingannya 1 orang petugas menjaga 100 orang WBP, tentunya ini juga menjadi kendala kita dalam hal pengawasan," katanya, Minggu (7/11/2021).

Meskipun keterbatasaan petugas, Pance mengungkapkan terus melakukan pengawasan yang ketat dalam menerima barang-barang titipan dari luar atau keluarga para WBP yang ada di dalam Rutan Kelas IIB Dumai.

Langkah yang dilakukan pihaknya agar barang-barang terlarang tidak masuk ke dalam rutan dengan melakukan pemeriksaan yang ketat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved