Breaking News:

Berita Kampar

Bupati Kampar Isyaratkan Mutasi, Pemkab Evaluasi 15 Kepala OPD, Ini Daftar Namanya

Pemkab Kampar mengadakan evaluasi dengan uji kompetensi Pejabat Tinggi Pratama (PTP) 15 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: Ariestia
Istimewa
Sekda Kampar Yusri (duduk di kursi) tertawa saat berbincang dengan Pimpinan OPD peserta Uji Kompetensi, Rabu (10/11/2021) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto mengisyaratkan diadakannya pergeseran posisi pejabat alias mutasi Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Isyarat ini diakuinya dengan mengadakan evaluasi terhadap 15 Pimpinan OPD mulai Rabu (10/11/2021).

Catur mengungkapkan, bongkar pasang posisi Pimpinan OPD dimungkinkan berdasarkan hasil evaluasi. Dikatakan dia, evaluasi tersebut dilakukan dengan uji kompetensi.

Tim penilai akan menyerahkan hasil uji kompetensi sebagai laporan kepada Bupati. Selanjutnya, ia akan mengevaluasi tiap Pimpinan OPD berdasarkan nilai hasil uji kompetensi yang diperoleh.

"Jika hasil evaluasinya tidak sesuai dengan jabatannya sekarang, mungkin bisa dimutasi," ungkap Catur kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (10/11/2021) sore.

Catur menjelaskan, alasan dilaksanakannya evaluasi karena 15 Pimpinan OPD sudah menjabat lebih dari satu tahun. Sehingga kinerjanya perlu dievaluasi.

"Evaluasi dengan uji kompetensi ini juga sudah mendapat persetujuan dari KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)," kata Catur. Ia ingin mengevaluasi komitmen Pimpinan OPD dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan visi dan misi Kepala Daerah serta kemanfaatan OPD yang dipimpin untuk pembangunan daerah.

Menurut Catur, peserta uji kompetensi wajib membuat makalah dan memaparkannya. Dari makalah itu, dapat dinilai bahwa kepemimpinan mereka telah mewujudkan capaian yang baik. Demikian sebaliknya.

"Mereka juga harus memiliki misi ke depan untuk menyukseskan pembangunan daerah," kata Catur. Kemampuan mereka memimpin yang didasari pengetahuan dan wawasan akan tugas dan tanggung jawab, merupakan pertimbangan untuk tetap mempertahankan atau menggeser mereka ke jabatan lain.

"Bupati perlu memastikan, apakah yang sudah ditempatkan Bupati di jabatannya sekarang, apakah sudah tepat atau belum," pungkas Catur.

Uji Kompetensi ini mulai dilaksanakan sampai tiga hari dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kampar, Yusri di salah satu hotel di Pekanbaru, Rabu (10/11/2021). Peserta akan dinilai oleh Tim yang diketuai oleh Prof. DR. Yusri Munaf dari kalangan akademisi, SH., M.Hum., DR. Syafriadi, SH.,MH. dan Mantan Sekretaris Daerah Kampar, Syawir Hamid.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved