Breaking News:

Berita Siak

Peringati Hari Pahlawan Nasional, Forkopimda Siak Upacara di Makam SSK II

Pemkab Siak bersama unsur Forkompinda memperingati Hari Pahlawan Nasional, Rabu (10/11/2021) secara resmi.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Pemkab Siak
Bupati Siak Alfedri menaburkan bunga di makam pahlawan nasional Riau, Sultan Syarif Kasim II, Rabu (10/11/2021) usai upacara peringatan hari pahlawan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pemkab Siak bersama unsur Forkompinda memperingati Hari Pahlawan Nasional, Rabu (10/11/2021) secara resmi.

Kegiatan tersebut adalah melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional di kompleks makam Sultan Syarif Kasim (SSK) II kelurahan Kampung Dalam, Siak Sri Indrapura. 

SSK II merupakan pahlawan nasional dari Riau yang berasal dari Siak. SSK II juga merupakan sultan terakhir (ke 12) dari kerajaan Siak.

Semasa hidupnya, ia dikenal ikut berjuang untuk kemerdekaan RI. Begitu Indonesia sudah merdeka, ia menyatakan bergabung dengan NKRI dan memberikan sumbangan berupa uang 13 juta Gulden ke presiden Soekarno.

Pelaksanaan upacara ini dengan peserta yang masih dibatasi. Pasalnya Siak masih berada pada level III PPKM karena Covid-19.

Meski sederhana, kegiatan ini tetap berlangsung khidmad serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Peserta upacara hanya terdiri dari anggota TNI/Polri, Pemadam, Satpol PP, ASN eselon 2 dan 3 dan legiun veteran.

Bupati Siak Alfedri menjadi inspektur upacara dan membacakan teks pidato Mentri Sosial RI.

Alfedri mengatakan, peringatan hari pahlawan tidak hanya sekadar menyelenggarakan upacara dan serimonial belaka pada setiap 10 November.

“Lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2021 yaitu"pahlawanku inspirasiku.",” kata Alfedri.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved