Breaking News:

Berita Riau

Ahli Epidemiologi Minta Perketat Perbatasan Negara, Waspada Covid-19 Akhir Tahun

Ahli epidemiologi mewanti-wanti agar perbatasan negara diperketat untuk menghindari ancaman gelombang Covid-19 akhir tahun.

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Ariestia
unsplash @martinsanchez
Ahli epidemiologi mewanti-wanti agar perbatasan negara diperketat untuk menghindari ancaman gelombang Covid-19 akhir tahun. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ahli epidemiologi mewanti-wanti agar perbatasan negara diperketat untuk menghindari ancaman gelombang Covid-19 akhir tahun.

Sebagian pihak mulai waspada adanya peningkatan kasus Covid-19 pada akhir tahun ini.

Sehingga semuanya diminta untuk kembali mewaspadai gelombang ketiga penyebaran Covid-19 tersebut.

Apalagi lonjakan kasus dengan varian virus baru mulai menyerang negara tetangga Malaysia dan Singapura.

Menanggapi situasi ini, Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Riau Wildan Asfan Hasibuan mengatakan ada beberapa faktor terjadinya lonjakan kasus Covid-19 akhir tahun.

Apalagi diperkirakan terjadinya peningkatan covid-19 akhir tahun saat libur Natal dan Tahun baru, menurut Wildan Asfan Hasibuan disebabkan sejumlah faktor.

"Pertama karena adanya varian baru yang lebih menular masuk Indonesia, ini harus diwaspadai,"ujar Wildan Asfan kepada tribunpekanbaru.com Minggu (14/11/2021).

Berikutnya disebabkan terjadi pergerakan dan kerumunan manusia yang besar, ini dikhawatirkan bisa terjadi saat akhir tahun biasanya ada pesta pergantian tahun.

"Juga bisa jadi disebabkan masyarakat mulai abai, kita juga melihat sudah mulai kendor penerapan disiplin Prokes masyarakat,"jelas Wildan.

Sedangkan faktor terakhir beberapa wilayah vaksinasinya masih rendah, di Riau masih bisa dikatakan tergolong rendah.

Namun ada upaya yang harus dilakukan sebagai upaya pencegahan, perketat perbatasan, terutama dengan negara yang sudah terdeteksi varian baru.

"Batasi pergerakan dan kerumunan manusia pada tempat- tempat wisata yang sudah dibuka,"jelas Wildan.

Terpenting lagi percepat capaian vaksinasi, tetap taat protokol kesehatan (prokes) selanjutnya Pengawasan Penegakan hukum bagi yang melanggar. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved