Breaking News:

Berita Riau

Kisah Perjuangan Sagiman Pertamina Local Hero Agar Anak-anak Talang Mamak Mau Sekolah

Sagiman, guru SDN 028 Talang Sungai Limau di Inhu harus berjuang meluluhkan hati orang tua agar anak-anak Suku Talang Mamak bisa sekolah.

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: Ariestia
Istimewa
Sosok Sagiman, guru SDN 028 Talang Sungai Limau peraih Pertamina Local Hero tahun 2020. 

Sagiman, guru SDN 028 Talang Sungai Limau di Inhu harus berjuang meluluhkan hati orang tua agar anak-anak Suku Talang Mamak bisa mengenyam pendidikan di sekolah. Selain itu ia juga memiliki misi meningkatkan kesadaran lingkungan anak-anak tersebut untuk bisa memanfaatkan sampah organik di sekolah sehingga mempunyai nilai guna. Tak salah bila Sagiman terpilih jadi Pertamina Local Hero kategori Cerdas 2020. Mari ikuti kisahnya.

Sagiman, guru SDN 028 Talang Sungai Limau peraih Pertamina Local Hero tahun 2020.
Sagiman, guru SDN 028 Talang Sungai Limau peraih Pertamina Local Hero tahun 2020. (Istimewa)

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT  - Di Dusun IV Desa Talang Sungai Limau, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) berdiri sebuah sekolah negeri yang menjadi binaan Pertamina EP Lirik Field semenjak tahun 2014.

Sekolah yang bernama SDN 028 Talang Sungai Limau tersebut hanya memiliki tiga ruang kelas. Beruntung kelas tersebut sudah dibangun permanen oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu.

Kondisi itu sedikit membedakannya dengan sekolah umumnya yang berada di daerah terpencil yang sering sekali luput dari perhatian pemerintah.

Namun soal fasilitas belajar lainnya, SDN 028 Talang Sungai Limau banyak dibantu oleh PT Pertamina, misalnya ruang perpustakaan dan ruang khusus untuk ekstrakulikuler Tari Rentak Bulian.

SDN 028 Talang Sungai Limau memang menyediakan ekstrakulikuler khusus yang mengajarkan murid-muridnya Tari Rentak Bulian atau tarian tradisional masyarakat adat Suku Talang Mamak.

Tari Rentak Bulian yang diajarkan di sekolah tersebut juga menjadi program untuk menumbuhkan semangat bersekolah di tengah masyarakat Talang Mamak yang sangat menjaga adat istiadatnya.

Seperti diketahui SDN 028 Talang Sungai Limau saat ini memiliki 55 orang siswa asli Suku Talang Mamak yang tinggal di Desa Talang Sungai Limau.

Mereka diajar oleh 10 orang guru, dimana salah satu guru di SD tersebut merupakan pencetus ekstrakulikuler sekaligus pelatih Tari Rentak Bulian di SDN Talang Sungai Limau.

Ia adalah Sagiman, guru yang juga peraih predikat Pertamina Local Hero tahun 2020 lalu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved