Breaking News:

Berita Riau

Berapa UMP Riau 2022? Hari Ini Disnaker Rapat Bersama Dewan Pengupahan

Hari ini, Senin (15/10/2021), Disnakertrans Provinsi Riau menggelar rapat bersama dengan Dewan Pengupahan Provinsi Riau

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
Internet/Istimewa
Ilustrasi. UMP Riau 2022 masih akan dibahas dalam rapat antara Disnaker dengan Dewan Pengupahan Provinsi Riau hari ini, Senin (15/11/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hari ini, Senin (15/10/2021), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau menggelar rapat bersama dengan Dewan Pengupahan Provinsi Riau.

Agenda rapat kali ini adalah membahas penetapan Upah Minimun Provinsi (UMP) tahun 2022.

"Besok siang kami rapat dengan Dewan Pengupahan, apa hasilnya besok kita sampaikan," kata Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, H Jonli, Minggu (14/11/2021), kemarin.

" Kita bahas dulu, nanti apa hasilnya kita sampaikan ke Pak Gubernur, nanti Pak Gubernur yang menetapkan dan mengesahkanya," imbuhnya.

Jonli menegaskan, sebelum tangggal 21 November ini UMP sudah harus ditetapkan. Untuk itu pihaknya bersama pihak terkait akan terus melakukan persiapan jelang penetapan UMP Riau 2022.

"Karena UMP paling lambat diterbikan 21 November, maka kita targetkan sebelum tanggal itu UMP Riau sudah diteken oleh Pak Gubernur," katanya.

Sementara saat disinggung apakah akan ada kenaikan angka UMP Riau 2022, Jonli tidak ingin berandai-andai. Sebab kata dia, semua ada rumus dan ukurannya.

"Saya tidak bisa mengandai-andai, itukan ada hitung-hitungnya, ada hitungan dari indikator pertumbuhan ekonomi, dan lainya itu datanya semua dari BPS, ada rumusannya," katanya.

Jonli mengatakan, untuk penetapan UMP pihaknya tetap mengaku kepada aturan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI.

"Namun, indikator penetapan UMP tetap disesuikan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), dan indikator-indikator lainnya," katanya.

Lebih lanjut Jonli menjelaskan, jika UMP Riau 2022 sudah ditetapkan, maka itu akan menjadi acuan untuk Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

"Kalau UMK itu acuannya UMP. Sedangkan penetapan UMK sendiri paling lambat 30 November, makanya kita targetkan sebelum 21 November UMP sudah terbit,” ujarnya.

“ Kemudian untuk pemberlakuan UMP sendiri terhitung mulai 1 Januari tahun 2022," lanjutnya.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgiono )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved