Breaking News:

Berita Pelalawan

Besok Pilkades Serentak di Pelalawan, Kemendagri Pantau Penerapan Prokes Via Zoom Meeting

Besok, Rabu (17/11/2021), pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Pelalawan.

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Johannes Tanjung
Besok, Rabu (17/11/2021), pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Pelalawan. FOTO: Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pelalawan, Novri Wahyudi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Besok, Rabu (17/11/2021), pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Pelalawan.

Sebanyak 61 desa yang menjadi peserta Pilkades serentak gelombang lll.

Masyarakat akan memilih calon pemimpin desa masing-masing dengan menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah ditentukan. 

Proses pencoblosan akan berlangsung sejak pagi pukul 08.00 wib sampai siang hari penutupan pemungutan suara.

Selanjutnya dilakukan penghitungan perolehan suara oleh panitia Pilkades hingga rekapitulasi hasil Pilkades yang menentukan pemenang dalam pesta demokrasi tersebut.

"Sampai saat ini belum ada kendala yang berarti. Hari ini masa tenang yang terakhir dan besok pencoblosan. Secara umum persiapan panitia sudah matang," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pelalawan, Novri Wahyudi, kepada tribunpekanbaru.com, Selasa (16/11/2021).

Novri menjelaskan, pihaknya telah menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Bina Pemdes yang menyatakan bahwa seluruh persyaratan yang amanatkan oleh Kemendagri terkait Pilkades di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah terpenuhi.

Pada intinya, Pelalawan dan beberapa daerah lain diizinkan melaksanakan hari pencoblosan. Tentu dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat sesuai anjuran Satgas Covid-19.

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri juga akan memantau langsung pelaksanaan Pilkades via zoom meeting untuk melihat penerapan Prokes selama proses pemungutan suara pada Pilkades berlangsung. Bahkan pertemuan virtual itu rencananya langsung dilakukan dari TPS yang melakukan pemilihan.

Bupati Pelalawan H Zukri yang akan melaporkan langsung seputar pelaksana Pilkades tersebut.

"Kita akan pilih satu TPS sebagai representasi dari semua TPS terkait pungutan suara yang menerapkan Prokes ketat," tandasnya.

Adapun jumlah Cakades dari 61 desa yang akan bertarung pada Pilkades besok, sebanyak 181 orang dengan jumlah beragam mulai dari dua sampai lima orang.

Para Cakades berasal dari matan Kades sebelumnya, bekas perangkat desa, tokoh masyarakat, Pegawai Negeri Sipil (PNS), personil TNI aktif, bahkan mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkades dari 61 desa mencapai 87.173 orang dengan jumlah TPS sebanyak 238 buah. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved