Breaking News:

Berita Pelalawan

Cakades di Pelalawan Bisa Ajukan Gugatan Jika Tak Terima Hasil Pilkades Serentak, Begini Caranya

Cakades yang kalah dalam Pilkades diperbolehkan menyampaikan gugatan. DPMD Pelalawan minta cakades melengkapi bukti-bukti untuk diajukan ke PTUN.

Penulis: johanes | Editor: CandraDani
Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung
Pemungutan suara di TPS 05 Desa Kiyap Jaya Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan pada Pilkades serentak, Rabu (17/11/2021) lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Calon Kepala Desa (Cakades) yang tidak terima hasil dari Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 17 November lalu bisa mengajukan gugatan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pelalawan, Novri Wahyudi, bagi Cakades yang kalah dalam Pilkades diperbolehkan menyampaikan gugatan.

Hal itu diatur dalam peraturan terkait pelaksanaan dan sengketa Pilkades.

Tentu melengkapi bukti-bukti seputar gugatan yang bisa menjelaskan hal-hal yang melanggar aturan.

"Silahkan ajukan gugatan jika memang tidak terima. Jangan sampai menimbulkan konflik di desa. Aturan kita memfasilitasi itu," kata Novri Wahyudi kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (19/11/2021).

Novri mengakui jika ada beberapa desa yang menghubungi DPMD terkait prosedur mengajukan gugatan atas hasil Pilkades itu.

Pihaknya menjelaskan sesuai aturan yang berlaku dan alur dalam memasukan gugatan.

Cakades yang kalah dan hendak menggugat hasil Pilkades bisa memasukan gugatan ke Pemda dengan mengirimkannya ke Bupati Pelalawan.

Selanjutnya, bupati akan menyerahkan penyelesaian gugatan kepada tim atau panitia Pilkades tingkat kabupaten.

Tim akan menganalisa gugatan secara rinci dan memberikan jawaban atas hal-hal yang tidak diterima oleh penggugat berdasarkan aturan.

"Tentunya tak semua gugatan diterima. Harus dengan dasar dan bukti yang kuat," tambah Novri Wahyudi.

Jika penggugat tetap tidak terima meski tim telah memberikan jawaban, yang bersangkutan bisa langsung mengambil langkah hukum yakni menggugat melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang ada di Pekanbaru.

Secara aturan gugatan dimasukan selama tiga hari setelah hari pencoblosan Pilkades. Artinya masih ada waktu sampai Sabtu (20/11/2021).

Namun karena hari kerja sampai Jumat saja, berarti terakhir memasukan gugatan adalah hari ini. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved