Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Pesimis 6 Ranperda Bisa Disahkan Jadi Perda Tahun 2021 Ini, Waktu Hanya Satu Bulan Lagi

Waktu pembahasan tinggal 1 bulan lagi, DPRD Pekanbaru sangat pesimis 6 Ranperda bisa disahkan tahun 2021 ini

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Ketua Bapemperda DPRD Pekanbaru Zulfahmi SE mengatakan pihaknya pesimis 6 ranperda bisa disahkan jadi perda tahun 2021 ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Meski DPRD Pekanbaru sudah membentuk Pansus, dari 6 Ranperda usulan Pemko Pekanbaru, namun hingga pekan ketiga November ini, pembahasannya belum maksimal.

Dengan kondisi tersebut, sangat pesimis pengesahan 6 Ranperda tersebut, bisa selesai tahun 2021 ini.

Bahkan bisa dipastikan, pembahasannya akan berlanjut pada tahun 2022 mendatang.

Padahal DPRD Pekanbaru sempat menargetkan, dari 6 Ranperda tersebut, paling tidak bisa diselesaikan dua sampai tiga Ranperda.

Bahkan sebelumnya juga, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Pekanbaru sempat mendesak Pansus, untuk mengebut pembahasannya.

Seperti diketahui, 6 Ranperda yang sedang dibahas Pansus DPRD Pekanbaru yakni, Ranperda Retribusi Air Limbah, Ranperda Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Kemudian, Ranperda Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Ranperda Perlindungan Perempuan dan Anak, Ranperda Pajak Air Tanah dan Ranperda Pengarustamaan Gender.

"Kita terus komunikasikan ini dengan Pansus lah. Paling tidak ada progresnya," kata Ketua Bapemperda DPRD Pekanbaru Zulfahmi SE, kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (19/11/2021).

Pantauan Tribunpekanbaru.com di DPRD Pekanbaru, dari waktu efektif yang hanya tinggal satu bulan lagi, tidak memungkinkan untuk pengesahan satu atau dua Ranperda. Apalagi untuk 6 Ranperda.

Sebab, hingga akhir November ini, DPRD Pekanbaru akan disibukkan dengan pembahasan dan rapat paripurna APBD Pekanbaru Tahun 2022.

"Ya, untuk pekan depan, kita akan menggelar beberapa Rapat Paripurna APBD 2022. Mungkin setelah itu lah Pansus bisa membahasnya," sebut Politisi Hanura ini.

Dalam 6 Ranperda tersebut, DPRD Pekanbaru membaginya dalam 3 Pansus. Sekadar gambaran saja, dari 3 Pansus itu, baru satu Pansus yang mulai melakukan pembahasan perdana.

Adalah Pansus Ranperda Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dan Ranperda Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang dibahas, Senin (8/11/2021) lalu. Ketua Pansus Mulyadi AMd tidak bisa memastikan, bahwa Pansus ini bisa selesai dibahas dan disahkan tahun 2021 ini.

( Tribunpekanbaru.com / Syafruddin Mirohi )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved