Breaking News:

Lansia di Pekanbaru Sulit Divaksinasi Covid-19, Hal Ini yang Menjadi Kendala

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Pekanbaru, Syoffaizal menjelaskan problematika ini cukup kompleks.

TRIBUNPEKANBARU.COM/DODI VLADIMIR
Petugas medis Puskesmas Rejosari menyuntikkan vaksin Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) yang berlangsung di Objek Wisata Alam Mayang, Pekanbaru, Senin (1/11/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Vaksinasi bagi lansia menjadi tantangan tersendiri pada masa pandemi ini.

Seperti yang dirasakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru saat ini yang terus berupaya untuk mengejar target vasksinasi 60 persen warga lansia.

Akan tetapi, target itu terkendala oleh berbagai masalah.

Seperti penolakan baik dari lansia maupun pihak keluarga mereka sendiri.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Pekanbaru, Syoffaizal menjelaskan problematika ini cukup kompleks.

"Jadi lansia tu banyak yang tidak mau. Kalaupun ada yang mau, keluarganya pula yang menolak. Katanya, orangtua mereka hanya di rumah, tidak ada bepergian ke mana-mana. Jadi itu tantangan di lapangan," kata Dia.

Dinas Kesehatan merilis data total lansia yang telah disuntik vaksin per tanggal 18 November 2021 telah mencapai 24.174 orang.

Angka ini masih sekitar 50 persen dari target 70.384 orang.

"Setiap hari, percepatan vaksinasi lansia ini terus dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan dan puskesmas. Satu hari kemarin, itu ada 3.697 lansia yang divaksin. Yang mana 2.150 orang vaksin pertama dan 1.547 vaksin tahap dua," sambung Dia.

Mengingat capaian vaksinasi lansia baru di angka 50 persen, Syoffaizal memperkirakan upaya untuk masuk ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 belum bisa dicapai.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved