Breaking News:

Berita Siak

Kampung Dayun Juara I Desa Wisata Riau, Sulap Embung Karhutla Jadi Tempat Rekreasi

Pemuda kampung Dayun menyulap embung untuk antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi destinasi wisata.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Gubri Syamsuar diapit oleh Bupati Siak Alfedri dan Wakil Bupati Siak Husni Merza pada kegiatan pemberian piagam juara desa wisata se Riau, Jumat (19/11/2021) di Desa Dayun. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pemuda kampung Dayun menyulap embung untuk antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi destinasi wisata.

Setelah berproses lebih kurang 2 tahun, kini lokasi itu menjadikan kampung Dayun juara 1 sebagai desa wisata provinsi Riau.

Embung Karhutla tersebut ditata dengan baik, di atasnya dibuat sarana flying fox, kemudian di dalam embung di adakan bebek kayuh.

Di pinggiran embung dibuat pula gazebo-gazebo, foto zone dan track jogging. Kemudian dilengkapi dengan shaking bridge yang menantang.

Posko Karhutla dijadikan kantor pengelolaan wisata oleh pengelola yakni Pokdarwis setempat.

Lokasi itu juga dilengkapi dengan kantin, toilet dan lapangan parkir yang luas, sehingga kawasan embung Karhuta itu kini menjelma menjadi destinasi wisata yang digemari masyarakat.

Hebatnya, kawasan tersebut mengangkat kampung Dayun masuk ke dalam 300 besar desa wisata yang dirilis Kementrian Pariwisata 2021.

Ketua Pokdarwis setempat, Nuviko Visuri tidak menyangka lompatan informasinya tidak hanya di tingkat provinsi namun di tingkat nasional.

“Kami semakin semangat mengelola destinasi baru ini ke depan, dan kami maksudkan kawasan ini menjadi destinasi penyangga dari Taman Nasional Zamrud, yang tidak jauh dari kawasan ini,” kata Nuviko Visuri, Minggu (21/11/2021).

Ia mengatakan, terkait juara I desa wisata tingkat provinsi Riau berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved