Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Lampu Jalan Banyak Mati, Komisi IV DPRD Pekanbaru Desak Dishub Segera Perbaiki

Komisi IV DPRD Pekanbaru belakangan ini, banyak menerima pengaduan masyarakat, terkait lampu jalan alias PJU

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Lampu Jalan Banyak Mati, Komisi IV DPRD Pekanbaru Desak Dishub Segera Perbaiki FOTO ILUSTRASI 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi IV DPRD Pekanbaru belakangan ini, banyak menerima pengaduan masyarakat, terkait lampu jalan alias PJU (penerangan jalan umum) yang tak berfungsi atau mati.

Kondisi tersebut sebenarnya sudah lama terjadi, bahkan sudah beberapa kali dilaporkan warga ke Dishub Pekanbaru, selaku OPD yang bertanggung jawab. Namun hingga kini tidak ada action di lapangan.

Buktinya, beberapa jalan seperti Jalan Srikandi, Jalan Arifin Ahmad, Jalan SM Amin, Jalan Parit Indah, termasuk beberapa titik di kawasan Rumbai, PJU nya tidak hidup.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Wan Agusti meminta, agar OPD terkait segera eksekusi permintaan masyarakat tersebut. Karena jika dibiarkan, akan berdampak kepada keselamatan masyarakat.

Baik akan rawannya aksi kejahatan, kecelakaan dan dampak buruk lainnya.

"Sebenarnya, Ini pekerjaan tiap tahun. Harusnya tidak perlu seperti ini. Karena memang tugas Dishub," kata Wan Agusti kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (21/11/2021).

Lebih lanjut Politisi Senior Partai Gerindra ini meminta, Dishub selaku penanggung jawab persoalan ini, jangan mengurai alasan. Apalagi karena alasan anggaran tidak ada, maka tidak bisa direalisasikan permintaan masyarakat ini.

Karena urusan PJU ini merupakan kegiatan, yang menyentuh masyarakat banyak. Sehingga ini menjadi urusan wajib, yang harus dianggarkan setiap tahunnya.

"Di dalam beberapa kali reses saya setiap tahun, termasuk pekan kemarin, masyarakat juga banyak mengeluhkan hal ini. Kenapa masalah PJU ini tidak masuk prioritas Dishub? Kita jadi heran," sebutnya.

Komisi IV DPRD mengharapkan, agar Dishub mendata PJU yang benar-benar mati, agar dihidupkan (ditukar bola lampu). Terutama di kawasan yang dinilai benar-benar rawan.

Sebelumnya, Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso mengaku, bahwa pihaknya sudah mendapatkan laporan banyaknya PJU yang mati ini. Namun saat ini, Dishub mengalami keterbatasan anggaran.

Untuk diketahui, sebenarnya masalah PJU ini, tidak hanya kewenangan Pemko Pekanbaru. Tapi ada juga kewenangan Pemprov Riau (jalan provinsi), serta kewenangan pemerintah pusat (jalan nasional).

"Selama ini kan kita Dishub Pekanbaru masih bekerja sendiri untuk memperbaiki PJU. Padahal kewenangannya bukan kita saja," akunya.

Karena sudah mendesaknya permintaan masyarakat ini, Yuliarso mengharapkan, support dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

"Mari sama-sama kita perbaiki, sesuai kewenangan. Apalagi di tengah sulitnya anggaran sekarang, kami butuh support itu," harapnya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved