Breaking News:

Berita Inhil

Agen Kapal Saling Gugat ke KPPU Riau, Kisruh Penambahan Trayek Baru di Pelabuhan Tembilahan

Agen kapal di Inhil saling gugat ke KPPU Riau, kisruh penambahan trayek baru di Pelabuhan Tembilahan

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU/TM FADHLI
Speed boat merapat di Pelabuhan Pelindo Tembilahan beberapa waktu lalu. Agen kapal saling gugat ke KPPU Riau, kisruh penambahan trayek baru di Pelabuhan Tembilahan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TEMBILAHAN - Penambahan armada speed boat fiber atau trayek kapal penumpang di Pelabuhan Batam atau Pelindo 1 Tembilahan menuai pro kontra di lapangan.

Kapal penumpang SB Rahmat Jaya Group selaku agen yang telah beroperasi terlebih dahulu merasa keberatan dengan kehadiran armada baru, yaitu SB Reni Fadhila.

Namun SB Reni Fadhila akan beroperasi karena telah melengkapi segala persyaratan untuk meningkatkan dan memenuhi pelayan prima dan kebutuhan kepada konsumen.

Terjadinya persaingan ini dikhawatirkan memicu konflik di lapangan, sehingga Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tembilahan melaksanakan mediasi terhadap persoalan ini.

Dalam mediasi tersebut, pemilik SB. Rahmat Jaya - 08 dan SB Rahmat Jaya- 12 menolak tegas penambahan trayek speed boat baru karena di masa pandemi jumlah penumpang menurun.

Jumlah kapasitas speed boat di masa pandemi hanya berkisar 20 - 30 orang dari jumlah muatan speed boat yang berjumlah 150 orang.

Tidak menutupi jumlah pengeluaran biaya dalam pembelian bahan bakar.

Sehingga pihak SB Rahmat Jaya meminta KSOP Tembilahan untuk memperhatikan potensi muatan yang layak dan berkesinambungan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan PM 93 tahun 2013 Pasal 9, karena masa pandemi mobilitas masyarakat dan perekonomian menurun.

Pihak SB Rahmat Jaya berharap SB Reni Fadhila agar tetap menjalankan trayek yang sudah ada sebelumnya, yaitu tujuan Sungai Guntung - Harbour Bay .

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved