Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Catatan Gubernur Riau kepada Ranperda Tibum DPRD Pekanbaru, Pansus Agendakan Pengesahan Bulan Ini

Hasil fasilitasi dari Gubernur Riau, tentang harmonisasi Ranperda Tibum dan Ketentraman Masyarakat, sudah diterima Pansus DPRD Pekanbaru.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
b4networks.com
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hasil fasilitasi dari Gubernur Riau, tentang harmonisasi Ranperda Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman Masyarakat, sudah diterima Pansus DPRD Pekanbaru.

Selanjutnya, Pansus DPRD Pekanbaru mengagendakan untuk pengesahannya. Ketua Pansus Ranperda Tibum dan Ketentraman Masyarakat DPRD Pekanbaru Robin Eduar SH MH menjelaskan, hasil fasilitasi dari Gubernur Riau tersebut, sudah dibahas Pansus pada Minggu (21/11/2021) kemarin.

"Rapat kemarin itu hanya finalisasi saja. Yang hadir Satpol PP, Kabag Hukum dan tenaga ahli, serta anggota Pansus. Jadi, tidak ada persoalan lagi, tinggal paripurna pengesahan aja," kata Robin Eduar kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (22/11/2021).

Ada beberapa catatan dari Gubernur Riau tentang Ranperda ini.

Di antaranya, mengenai substansi yang diatur dalam Ranperda, agar disinkronkan dengan Perda yang mengatur antara lain, mengenai bangunan gedung, pengelolaan barang milik daerah, penyelenggaraan kesehatan, pengelolaan sampah dan lainnya.

Karena setelah dicermati, substansi merupakan kompilasi dari Perda yang sudah ada.

Perda tidak dapat berlaku tumpang tindih dengan Perda yang lain, baik larangan maupun sanksi yang diberikan, sehingga menimbulkan ketidakpastian hukum.

Sesuai PP No 16 Tahun 2018 tentang Satpol PP tugas dan fungsi Satpol PP antara lain, melakukan penegakan Perda dan Perkada.

Penegakan Perda oleh Satpol PP bukan hanya Perda yang berkaitan dengan Tibum, tapi seluruh Perda yang ditetapkan oleh Pemda.

Masih catatan Gubernur Riau, bahwa Pansus perlu mencermati masukan dari Kanwil Kemenhumham terhadap Substansi Ranperda ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved