Breaking News:

Berita Kampar

UMK 2022 Naik, Upah Bongkar Muat Kelapa Sawit di Kampar Tetap, Ini Daftar Besarannya

Upah bongkar muat kelapa sawit tahun 2022 di Kampar tidak ikut naik, tak seperti Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: Ariestia
Net
Upah bongkar muat kelapa sawit tahun 2022 di Kampar tidak ikut naik, tak seperti Upah Minimum Kabupaten (UMK). Foto Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Upah bongkar muat kelapa sawit tahun 2022 di Kampar tidak ikut naik, tak seperti Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinnaker) Kampar, Ali Sabri mengungkapkan, nilai upah bongkar muat tetap dari tahun ini. Upah bongkar muat yang belum beranjak disepakati dalam Rapat Lembaga Kerjasama (LKS) Tripartit Kampar bersamaan Rapat Dewan Pengupahan Kampar, Senin (22/11/2021).

"Upah bongkar muat tetap. Disepakati tidak naik," kata Sabri kepada Tribunpekanbaru.com. Menurut dia, unsur anggota LKS Tripartit sepakat karena upah bongkar muat sudah dinaikkan pada periode lalu dari 2020 ke 2021.

Sabri menjelaskan, kesepakatan ini diambil dengan mempertimbangkan berbagai hal. Terutama imbas dari pandemi COVID-19. Sehingga kesepakatan ini diharapkan agar buruh bongkar muat dan pengusaha sama-sama tidak diberatkan.

"Ada beberapa pertimbangan. Tetapi tahun lalu (upah bongkar muat) sudah kita naikkan. Tahun ini tetap," ujar Sabri didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Tenaga Kerja, Aulia Fajri.

Upah bongkar muat dikelompokkan menjadi dua bagian besar. Yakni, upah bongkar di pasar tradisional serta upah bongkar muat Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di peusahaan dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

Di pasar tradisional terdiri dari 82 jenis barang yang upah bongkarnya ditentukan. Salah satunya upah bongkar muat pupuk kimia dan pupuk kandang yang sempat dibahas dalam rapat itu.

Upah bongkar pupuk kimia berbeda antara di perusahaan dengan pasar tradisional. Upah bongkar di perusahaan sebesar Rp. 42 per kilogram. Sedangkan di pasar tradisional Rp. 30 per kilogram.

Upah bongkar pupuk kandang berbeda pula. Upah bongkar ditetapkan sebesar Rp. 1.442 per karung.

Tarif upah untuk TBS Kelapa Sawit, kernel, bibit sawit dan sawit berondolan antara bongkar dan muat dibedakan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved