Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Pengelola PAUD di Kampar Ini Raih Penghargaan dari Kemendikbud Ristek

Nelti Rizka, M.Pd menerima penghargaan untuk kategori Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Inspiratif sempena Hari Guru Nasional 2021.

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Wanita asal Kampar ini dinilai menginspirasi dunia pendidikan. Konsep belajar yang diciptakannya mendapat apresiasi dari Kementerian Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Nelti Rizka, M.Pd menerima penghargaan untuk kategori Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Inspiratif sempena Hari Guru Nasional 2021.

Ia satu-satunya dari Riau yang naik panggung penghargaan pada ajang ini.

Nama Nelti Rizka diumumkan dan penyerahan apresiasi di Hotel Mercure Kawasan Ancol, Jakarta pada Rabu (24/11/2021).

Penyerahan penghargaan pada puncak Hari Guru di hotel yang sama oleh Menteri Nadiem Makarim, Kamis (25/11/2021).

Ajang ini diikuti pendidik dan tenaga kependidikan yang terdiri dari kategori Kepala TK, Guru, Pengawas Sekolah, Pengelola PAUD, Pamong Belajar dan Penilik Paud dari seluruh Indonesia. Peserta yang diundang ke Jakarta berdasarkan hasil seleksi terhadap naskah yang mereka kirimkan.

Menurut Rizka, ada sebanyak 860 naskah yang diterima pihak panitia di Kementerian. Ia menerima undangan dari Kemendikbud Ristek pada 15 Nopember 2021 lalu setelah naskahnya dinyatakan lolos seleksi awal.

Panitia memilih 20 peserta dengan naskah terbaik tiap kategori. Dari Riau terpilih dua orang. Ia sendiri dan seorang peserta dari Kepulauan Meranti.

Lalu Rizka berangkat ke Jakarta pada 21 Nopember dan diinapkan selama proses seleksi. "Selama di Jakarta, kita mempresentasikan pengalaman sebagai Pengelola PAUD selama pandemi COVID-19 berdasarkan naskah yang dikirimkan," jelas wanita 28 tahun ini kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (26/11/2021) pagi.

Rizka juga menjalani tahapan wawancara. Ia terpilih masuk lima besar. Akhirnya keluar menjadi yang terbaik untuk kategori Pengelola PAUD.

Rizka adalah Pengelola PAUD Terpadu Mutiara Bunda di Bangkinang Kota. Penghargaan ini berkat dari konsep belajar mengajar yang diberi nama BASIACUONG.

Istilah yang dia ciptakan ini adalah akronim dari tiga suku kata. Terdiri dari, BA (Bakojosamo), SI (Supervisi Reflektif Kolaboratif) dan ACUONG (bahasa Ocu : mengangkat tangan).

Konsep ini dia ciptakan untuk mengatasi loss learning karena pembatasan belajar mengajar selama Pandemi COVID-19. Konsep ini sudah diterapkan sejak 2020.

Rizka terharu dengan penghargaan ini. "Ini semua berkat dorongan para guru, pihak Pemda Kampar, Bunda PAUD dan semua mitra yang mendukung konsep Basiacuong inj," ungkapnya. (Tribunpekanbaru.com / Fernando Sihombing)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved