Breaking News:

Diduga Karena Pindah Agama, Tiga Kakak Beradik di Tarakan 3 Kali Tinggal Kelas

Usai mereka keluar dari agama Kristen dan memilih aliran Saksi Yehuwa, tiga kakak beradik di Tarakan tidak naik kelas selama tiga kali berturut-turut.

surya
Ilustrasi Siswa SD di Tarakan tinggal kelas tiga kali berturut-turut karena pindah agama 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Tiga murid SDN 051 di Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara tidak naik kelas tiga kali berturut-turut usai keluar dari agama Kristen. 

Mereka tinggal kelas selama tiga tahun setelah menjadi penganut aliran Saksi Yehuwa.

Diduga, ketiga kakak beradik itu menjadi korban Diskriminasi oleh pihak sekolah.

Tiga kakak beradik itu pun menjadi perhatian oleh tim dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (KemendikbudRistek) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Dalam kunjungan ke rumah kakak adik tersebut, Senin (22/11/2021), ketiganya mengungkapkan sebuah keinginan cukup sederhana setelah mendapatkan dugaan perlakuan intoleran dari pihak sekolah.

‘’Ketika tim bertanya apa harapan atau keinginan ketiga anak, mereka menjawab 'Hanya ingin naik kelas'. Saat ditanya apa lagi harapannya? Jawabannya kurang lebih sama, hanya ingin naik kelas. Ketiganya juga ingin tetap bersekolah di SDN 051 Kota Tarakan,’’ ujar Komisioner KPAI dan penanggung jawab Tim Gabungan Itjend Kemendikbud Ristek, Retno Listyarti, melalui pesan yang dikirim ke Kompas.com, Sabtu (27/11/2021).

Retno juga mendapat pengakuan bahwa ketiganya menyatakan kehilangan semangat belajar, apabila nantinya tidak naik kelas lagi untuk keempat kalinya.

Selain itu, upaya mediasi yang dilakukan tim masih belum membuahkan hasil yang memuaskan.

Penuh kejanggalan

Dari sejumlah kunjungan baik ke sekolah SDN 051 Tarakan, sampai menggelar Focus Group Discussion (FGD), stakeholder di Kota Tarakan belum memberikan solusi terbaik yang mengedepankan kepentingan si anak.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved