Breaking News:

Berita Pelalawan

Kabar Terkini Gugatan 6 Cakades yang Kalah di Pilkades Pelalawan, Apa Kata DPMD?

Bagaimana kabar terkini gugatan 6 cakades yang kalah di Pilkades Pelalawan? Begini penjelasan DPMD Pelalawan

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/JOHANNES TANJUNG
Pemungutan suara yang digelar di beberapa TPS di saat Pilkades Pelalawan 17 November lalu. Kabar terkini gugatan 6 cakades yang kalah di Pilkades Pelalawan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Bagaimana kabar terkini gugatan 6 cakades yang kalah di Pilkades Pelalawan? Begini penjelasan DPMD Pelalawan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPMD Pelalawan, Novri Wahyudi menjelaskan, Pemkab Pelalawan masih memproses gugatan dari calon kepala desa (cakades) yang kalah pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak gelombang III dua pekan lalu.

Para Cakades menggugat Pilkades serentak pada 17 November lalu ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pelalawan.

Karena belum bisa menerima kekalahan pada pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Dari 61 desa peserta pilkades serentak, sebanyak 181 cakades yang ikut bertarung.

Hingga hari terakhir memasukkan gugatan, ada enam cakades yang menyampaikan gugatannya ke DPMD.

"Sampai saat ini gugatan para cakades masih kita proses. Tentu ada tahapan yang harus kita lalui dalam menyelesaikan sengketa hasil pilkades," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPMD Pelalawan, Novri Wahyudi, Minggu (28/11/2021).

Kepada Tribunpekanbaru.com Novri Wahyudi menjelaskan, setelah semua gugatan masuk ke pemda melalui DPMD, Bupati Pelalawan H Zukri akan melimpahkan kepada panitia pilkades tingkat kabupaten yang telah dibentuk.

Tim tersebut yang akan menganalisa dan mengkaji setiap poin gugatan para cakades.

Selanjutnya, pemda memberikan jawaban atas gugatan itu berdasarkan aturan dan perundang-undangan yang berkaitan dengan pelaksanaan serta penyelesaian sengketa pilkades.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved