Breaking News:

Buka Festival Layang Waw Kota Dumai, Paisal Sebut Festival Ini Melestarikan Permainan Rakyat

Kabid Kebudayaan Norzam mengungkapkan, bahwa kegiatan ini telah terlaksana sejak Sabtu 27 November 2021, hingga Minggu 28 November 2021.

Editor: Sesri
Tribunpekanbaru.com/Donny Putra
Wali Kota Dumai Paisal membuka Festival Layang Waw se Kota Dumai Tahun 2021, bertempat di Jalan Samudera, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Minggu (28/11/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Wali Kota Dumai, Paisal membuka Festival Layang Waw se Kota Dumai Tahun 2021, bertempat di Jalan Samudera, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Minggu (28/11/2021).

Acara yang ditaja oleh Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai ini mengusung tema Merajut Silaturahmi dengan melestarikan Permainan Rakyat Layang-Layang di masa Pandemi.

Kabid Kebudayaan Norzam mengungkapkan, bahwa kegiatan ini telah terlaksana sejak Sabtu 27 November 2021, hingga Minggu 28 November 2021.

Ia menambahkan, peserta yang mengikuti Lomba sebanyak 50 peserta, 15 peserta dari kabupaten Bengkalis, dan sisanya dari kota Dumai.

‎"Kita berharap kegiatan ini bisa menggairahkan Budaya ‎dan permainan rakyat khususnya di kota Dumai," harapnya.

Sementara, Paisal mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah memberikan ide dan gagasannya dalam Festival Layang Waw Kota Dumai, 2021 ini.

"Alhamdulillah, PPKM Dumai saat ini telah berada pada level 1 sehingga Festival Layang ini dapat dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah," sebutnya.

Dirinya berharap kegiatan kebudayaan, festival tradisi, dan permainan-permainan rakyat seperti ini dapat terus dilaksanakan dan dikembangkan agar tetap lestari sampai kapanpun.

"Kami menghimbau kepada masyarakat Dumai, mari kita gairahkan kembali semangat melestarikan budaya tradisi berupa permainan-permainan rakyat yang sempat terhenti karena Pandemi Covid-19," imbaunya.

Ia menerangkan, mulai tahun depan melalui Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Dumai, festival ataupun panggung seni budaya semacam ini akan terus dikembangkan dan akan dipusatkan di Taman Bukit Gelanggang.

"Nantinya Taman Bukit Gelanggang akan menjadi destinasi wisata, panggung seni budaya dan olahraga yang dapat menarik minat wisatawan domestik maupun luar ke Kota Dumai. Dengan datangnya Wisatawan tentunya akan menggeliatkan kembali ekonomi masyarakat," pungkasnya.

Turut hadir Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Dumai, Syahrinaldi, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai, Yusmanidar. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved