Breaking News:

Berita Riau

Perketat Prokes Antisipasi Lonjakan Covid-19, Apa Saja yang Wajib Dilakukan Menurut Ketua DPRD Riau?

Ketua DPRD Riau Yulisman ajak warga perketat prokes sebagai upaya antisipasi lonjakan Covid-19 di Riau

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Ketua DPRD Riau Yulisman ajak warga perketat prokes sebagai antisipasi lonjakan kasus dan munculnya varian baru Covid-19. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Adanya potensi peningkatan kasus baru Covid-19 di tanah air dan munculnya ancaman varian baru lagi menjadi kekhawatiran bagi masyarakat, termasuk di Riau yang beberapa hari terakhir kembali muncul kasus dengan kluster baru.

Sebagaimana pemerintah pusat mengingatkan adanya ancaman gelombang ketiga di Indonesia dengan varian Covid lain, tentunya ini harus menjadi kewaspadaan bagi daerah.

Hal ini dijelaskan Ketua DPRD Riau Yulisman.

Menurutnya saat ini Pemerintah sedang dihadapkan dengan adanya ancaman gelombang ketiga, maka di Riau sendiri harus dilakukan upaya pencegahan lebih baik daripada penanggulangan.

"Kita sudah diingatkan adanya kemungkinan gelombang ketiga Covid, tentunya kita harus mewaspadai lonjakan kasus pada akhir tahun ini,"ujar Yulisman kepada Tribunpekanbaru.com Senin (29/11/2021).

Apalagi pada akhir tahun biasanya banyak kegiatan yang menciptakan kerumunan dan bisa menimbulkan kluster-kluster baru penyebaran Covid-19.

Sehingga, menurut Yulisman semua itu bisa diantisipasi sejak dini.

"Upaya antisipasi tentunya sangat perlu, diupayakan jangan sampai ada kegiatan yang bisa memicu munculnya kluster, pencegahan terpenting lagi pemerintah kembali mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama lakukan antisipasi,"jelasnya.

Karena menurut Yulisman, semuanya bisa berkemungkinan terjadi, tergantung bagaimana cara pemerintah daerah dan masyarakat melakukan upaya pencegahan sejak awal.

Kepada masyarakat juga disampaikan Yulisman, penting untuk kembali memperketat protokol kesehatan, sebagaimana yang diminta ahli epidemiologi, karena upaya untuk pencegahan ini di antaranya dengan ketat prokes.

"Disiplinkan kembali prokes, karena kuncinya pada kita, jangan sampai kita abai,"ujarnya.

Terpenting dalam disiplin prokes ini menurut Yulisman, tetap menggunakan masker, cuci tangan dan tetap menjalankan arahan sesuai aturan kementerian kesehatan soal antisipasi penularan Covid-19.

"Bila tidak perlu sekali jangan bepergian kemana-mana dulu akhir tahun ini,"ujarnya.

Selain itu percepatan pemberian vaksinasi kepada masyarakat juga harus digesa, karena saat ini Riau masih banyak yang belum menerima vaksin untuk menciptakan herd immunity.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved