Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Prolegda Tahun 2022 Hanya 20 Ranperda, 3 Diantaranya Inisiatif DPRD Pekanbaru

DPRD Pekanbaru sudah menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Program Legislasi Daerah (Prolegda), Tahun 2022 awal pekan kemarin.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Istimewa
DPRD Pekanbaru sudah menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Program Legislasi Daerah (Prolegda), Tahun 2022 awal pekan kemarin. FOTO: Ketua Bapemperda DPRD Pekanbaru Zulfahmi SE 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - DPRD Pekanbaru sudah menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Program Legislasi Daerah (Prolegda), Tahun 2022 awal pekan kemarin.

Dari hasil kesepakatan pembahasan Bapemperda DPRD Pekanbaru, dengan OPD terkait, hanya menetapkan 20 Ranperda, dalam Prolegda Tahun 2022 mendatang.

Awalnya dalam Prolegda yang diterima Bapemperda, ada 25 Ranperda yang diusulkan. 20 Ranperda usulan Pemko Pekanbaru, dan 5 Ranperda Inisiatif DPRD Pekanbaru.

Ketua Bapemperda DPRD Pekanbaru Zulfahmi SE memaparkan, dari jumlah 25 Ranperda tersebut, pihaknya memangkas dan menciutkan lagi. Sehingga ditetapkan 20 Ranperda.

"Jadi, dari 20 Ranperda tersebut, 3 di antaranya Ranperda Inisiatif DPRD dan 17 Ranperda usulan Pemko Pekanbaru," terangnya, Rabu (1/12/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Ada beberapa alasan Bapemperda DPRD, tidak bisa menerima full usulan semua Ranperda Tahun 2022 (25 Ranperda).

Satu di antaranya karena Pemko kini masih kekurangan anggaran, akibat masih fokus pada penanganan Covid-19, serta Ranperda yang dicoret tersebut dinilai belum urgent.

"Bagi kami di Bapemperda, semua Ranperda prioritas. Tapi kita harus memilih yang paling prioritas lagi, demi kemaslahan bersama," sebut Politisi Partai Hanura ini.

Dengan demikian, setelah disahkan lewat Rapat Paripurna kemarin, Bapemperda berjanji akan membahasnya, sesuai ketentuan yang berlaku.

Sekadar diketahui, 3 Ranperda Inisiatif DPRD yakni Ranperda Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Sungai, Ranperda Tentang Pemanfaatan Lahan Tidur, dan Ranperda Ketahanan Pangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved