Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Dari 27 Ranperda, Hanya 4 Perda yang Disahkan DPRD Pekanbaru Tahun 2021

DPRD Pekanbaru hanya bisa menyelesaikan atau mengesahkan 4 Ranperda menjadi Perda Kota Pekanbaru, tahun 2021 ini.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Internet
DPRD Pekanbaru hanya bisa menyelesaikan atau mengesahkan 4 Ranperda menjadi Perda Kota Pekanbaru, tahun 2021 ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - DPRD Pekanbaru hanya bisa menyelesaikan atau mengesahkan 4 Ranperda menjadi Perda Kota Pekanbaru, tahun 2021 ini.

Ironisnya, dari 4 Ranperda tersebut, 3 di antaranya Ranperda wajib dan 1 Ranperda umum, yang merupakan usulan Pemko Pekanbaru.

Seperti diketahui, tahun 2021 ini jumlah Ranperda yang ditetapkan dalam Prolegda sebanyak 27 Ranperda.

Ketua Bapemperda DPRD Pekanbaru Zulfahmi SE menjelaskan, 3 Ranperda wajib yang sudah disahkan menjadi Perda Kota Pekanbaru tersebut masing-masing, Perda APBD Perubahan 2021, Perda APBD Pekanbaru 2022, serta Perda LKPj Walikota Pekanbaru.

Sedangkan satu Perda Usulan Pemko yakni, Perda Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, yang baru disahkan awal pekan kemarin.

"Tapi sebenarnya yang kita undangkan itu (sedang dibahas dan ditetapkan Pansusnya), ada 6 Ranperda lagi. Tapi memang tidak bisa selesai tahun 2021 ini," kata Zulfahmi kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (2/12/2021).

Ada beberapa alasan, kenapa kinerja DPRD Pekanbaru dalam hal legislasi tahun ini menurun. Selain masih dalam suasana pandemi sehingga pertemuan tak bisa dilaksanakan, juga terkendala anggaran.

"Ya, faktor itu juga membuat kita tidak bisa membahasnya," tambah Politisi Partai Hanura ini.

Lebih lanjut disampaikan, untuk 6 Ranperda yang sudah diundangkan tersebut yakni, Ranperda Retribusi Air Limbah, Ranperda Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Selanjutnya, Ranperda Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Ranperda Perlindungan Perempuan dan Anak, Ranperda Pajak Air Tanah dan Ranperda Pengarustamaan Gender.

"Ini nanti kita lanjutkan pembahasannya tahun depan," janjinya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved