Breaking News:

Dosen dan Mahasiswa Biologi FKIP UIR Gelar Pelatihan di SMPN 1 Siak Hulu

Tujuan kegiatan ini agar siswa siswi mendapatkan ilmu beserta cara pengaplikasian budidaya teknik hidroponik dan manfaat dari budidaya ini

Editor: Sesri
istimewa
Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau melakukan Pengabdian Masyarakat di SMPN 1 Siak Hulu 

TRIBUNPEKANBARU.COM -  Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau melakukan Pengabdian Masyarakat dengan tema "Pelatihan Penggunaan Teknologi Tepat Guna (Hidroponik) berbasis Video Dokumenter bagi Siswa SMPN 1 Siak Hulu" pada Sabtu, 20 November 2021.

Tim Pengabdian ini terdiri dari 3 Dosen Biologi dan 2 Mahasiswa Biologi.

Pelatihan yang diberikan adalah pengenalan mengenai hidroponik beserta cara pembuatan dan budidaya tanamannya.

Kegiatan ini ditujukan kepada siswa siswi SMPN 1 Siak Hulu.

Tujuan kegiatan ini agar siswa siswi mendapatkan ilmu beserta cara pengaplikasian budidaya teknik hidroponik dan manfaat dari budidaya ini dalam membantu ekonomi sehari-hari.

Hidroponik merupakan teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanam berupa tanah, melainkan menggunakan rockwool, sabut kelapa atau lainnya dengan memanfaatkan air dalam memenuhi kebutuhan untuk nutrisi tanaman.

Tanaman hidroponik tanpa menggunakan pestisida ini tidak hanya untuk konsumsi pribadi melainkan dapat menjadi salah satu sumber peluang membuka usaha untuk dijual kembali dengan hasil yang menjanjikan.

Kegiatan yang dibuka oleh Dosen Biologi Mellisa, S.Pd.,M.P selaku ketua tim pengabdian disambut hangat dan antusiasme yang tinggi oleh siswa siswi yang memiliki hobi menanam sayuran untuk mengisi waktu luang dikala pandemi.

Dengan memanfaatkan lahan yang sedikit serta tidak menggunakan tanah sebagai media tanam menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan di ruang kelas VII F dihadiri sekitar 21 siswa dengan menerapkan protokol kesehatan dengan cara menjaga jarak, membagikan masker, serta penggunaan hand sanitizer.

Tak hanya melakukan sosialisasi dengan edukasi dan video dokumenter, tim pengabdian tak lupa juga memonitoring progress budidaya hidroponik hingga saat waktunya panen nanti.

Mellisa S.Pd.,M.P mengatakan program ini diharapkan dapat mendorong minat siswa agar lebih produktif dan mendapatkan manfaat dari kegiatan Pengabdian ini.

"Saya berharap semoga kegiatan pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Biologi FKIP UIR dapat mendorong minat siswa agar lebih produktif dan mendapatkan manfaat dari kegiatan ini dimasa pandemi"

Sesi tanya jawab pun tak elak menjadi penutup acara yang paling dinantikan oleh siswa. Acara ini berlangsung lancar dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved