Breaking News:

Pegadaian Geber Ekspansi Bisnis di Tahun 2022

Akusisi Nasabah Baru menjadi salah satu strategi bagi pihak Pegadaian Kanwil Pekanbaru untuk berekspansi bisnis pada tahun 2022 mendatang

Penulis: Alex | Editor: Rinal Maradjo
PT Pegadaian

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Grab New Costumer atau Akusisi Nasabah Baru menjadi salah satu strategi bagi pihak Pegadaian Kanwil Pekanbaru untuk berekspansi bisnis pada tahun 2022 mendatang.

Pemimpin Wilayah II PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah Pekanbaru Maryono mengatakan, sejumlah rangkaian kegiatan sudah dirancang dan ditetapkan oleh pihaknya, untuk diselenggarakan pada tahun depan tersebut, dalam ekspansi bisnis yang akan dilakukan.

Dikatakannya, jika melihat data dari survey nasional literasi dan inklusi keuangan yang dikeluarkan oleh Otoristas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, bahwa tingkat persentase literasi keuangan akan pembiayaan dengan lembaga pergadaian sebesar 17.81 persen, dan tingkat persentase inklusi keuangannya sebesar 12.38 persen.

"Agar tetap terus meningkatkan hal itu, Pegadaian turut andil dan berperan secara aktif dalam mengedukasi masyarakat. Beberapa hal yang akan dilakukan di antaranya adalah ekspansi dengan channel distribusi melalui Agen Pegadaian tersebut," kata Maryono, beberapa waktu lalu. 

Ia menjelaskan, salah satu strategi yang akan diterapkan bertajuk Agen Go Digital, dimana Pegadaian Kanwil Pekanbaru akan melakukan pendampingan kepada agen Pegadaian untuk mengembangkan bisnis, baik dari penjualan produk Pegadaian, atau produk barang dan jasa dalam menghadapi persaingan di era digital, yaitu dalam bentuk pemberian pelatihan gratis, seperti digital marketing, online branding, copywriting, dan hal-hal lainnya.

"Untuk saat ini, jumlah Agen Pegadaian aktif di lingkup Kantor Wilayah Pekanbaru adalah 2494 Agen, dimana 1136 Agen Pegadaian tersebut berada di Provinsi Riau," ulasnya.

Dikatakannya, Pegadaian Kanwil Pekanbaru juga berencana akan melakukan ekspansi wilayah dengan metode canvassing. Hal itu dilakukan karena Pegadaian Kanwil Pekanbaru menilai belum dapat menjangkau seluruh wilayah yang ada di area kerjanya.

"Kami juga akan membuat program Gadai Keliling menggunakan Mobil Canvassing yang diharapkan dapat langsung melayani nasabah di daerah yang belum terdapat outlet Pegadaian. Untuk tahap awal, program ini akan dilakukan piloting di Provinsi Riau," imbuhnya.

Sementara itu, dalam rangka untuk meningkatkan literasi dan inklusi kuangan di masyarakat, Pegadaian Kanwil Pekanbaru juga akan terus melakukan ekspansi ke nasabah generasi millennial dan generasi Z.

"Hal ini dirasa perlu karena kaum milenial yang saat ini mendominasi demografi di Indonesia, perlu untuk paham dan tahu tentang perencanaan keuangannya, baik jangka pendek, menengah, dan jangka panjang," ulasnya.

Untuk mendorong hal tersebut, Pegadaian Kanwil Pekanbaru mengadakan kerja sama secara intensif dengan perguruan tinggi dan sekolah-sekolah. Bentuk kegiatannya berupa Webinar, Kuliah Umum, Seminar, bahkan literasi secara langsung dalam mengkampanyekan #GenerasiPandaiPunyaRencana, yang merupakan gerakan yang dibangun oleh Pegadaian agar Generasi Millenial melek akan investasi dan perencanaan keuangan.

( Tribunpekanbaru.com / Alexander )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved