Breaking News:

Video Berita

VIDEO-Percepat Vaksinasi, Satgas Covid-19 Pelalawan Rapat Koordinasi Hadapi Libur Natal & Tahun Baru

Pertemuan itu membasah terkait persiapan Satgas Covid-19 Pelalawan dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang semakin dekat

Penulis: johanes | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Satuan Tugas (Satgas) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Pelalawan Riau menggelar rapat koordinasi dengan semu instansi di auditorium lantai lll kantor Bupati Pelalawan, Kamis (2/12/2021).

Pertemuan itu membasah terkait persiapan Satgas Covid-19 Pelalawan dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang semakin dekat.

Selain itu, Satgas mempersiapkan diri terhadap gelombang lll Covid-19 yang diperkirakan akan muncul awal tahun 2022 mendatang.

Rapat melibatkan seluruh unsur Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, semua Puskesmas, Polsek-polsek, jajaran Koramil, serta camat-camat.

Dalam rapat, juru bicara Satgas Covid-19 Pelalawan Asril M.Kes memaparkan, saat ini kasus aktif di Pelalawan turun drastis dibanding tiga bulan lalu.

Selama 45 hari terakhir ini hanya tiga orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan tersisa satu pasien lagi yang sedang menjalani perawatan.

"Sedangkan capaian vaksinasi di Pelalawan sampai saat ini sudah 38,6 persen berdasarkan pendataan dari provinsi. Padahal realisasi di lapangan sudah mencapai 45 persen jika ikut vaksin gotong royong dan TNI," kata Asril.

Untuk menghadapi libur Natal dan Tahun (Nataru), kata Asril, telah merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang telah dikeluarkan pemerintah. Sederet aturan itu harus dijalankan termasuk penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 secara nasional.

Disamping itu, Satgas akan mengejar capaian vaksinasi untuk mewujudkan herd immunity sesuai target pemerintah pusat.

Saat ini sebanyak 27 ribu dosis vaksin yang menjadi stok di Dinas Kesehatan (Diskes) untuk diberikan kepada masyarakat. Kemudian menjadwalkan penyuntikan dan menerapkan lokasinya untuk diinformasikan kepada masyarakat.

"Sebagian vaksin sudah didistribusikan ke Puskesmas-puskesmaa untuk diberikan kepad masyarakat. Karena masih ada 170 ribu lebih lagi warga Pelalawan yang belum divaksin," tandas Asril.

Ketua Sargas Covid-19 Pelalawan, Zukri dalam arahannya menyebutkan, vaksinasi harus dikejar hingga akhir tahun untuk mencapai herd immunity.

Ia menekankan kepada Diskes agar segera mendistribusikan vaksin ke Puskesmas dan jangan sampai menunggu waktu lama.

Sistem kerja harus cepat dan tepat agar tidak terlambat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved