Breaking News:

Berita Siak

8 Daerah Ditetapkan Sebagai Ibu Kota Kebudayaan, Siak Kebagian Ibu Kota Literasi dan Pendidikan

Delapan daerah di Indonesia ditetapkan sebagai Ibu Kota Kebudayaan, Siak ditetapkan sebagai Ibu Kota Literasi dan Pendidikan.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Wakil Bupati Siak Husni Merza berada di samping kanan presiden Joko Widodo saat di tangga istana kepresidenan Bogor bersama kepala daerah lain pada momen penutupan Kongres JKPI V Bogor, Sabtu (4/12/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Delapan daerah di Indonesia ditetapkan sebagai Ibu Kota Kebudayaan, Siak ditetapkan sebagai Ibu Kota Literasi dan Pendidikan.

Kongres V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Sabtu (4/12/2021).

Wakil Bupati Siak Husni Merza ikut dalam rombongan kepala daerah yang menyerahkan penghargaan itu kepada Presiden Joko Widodo.

“Ya, benar saya ikut dalam rombongan untuk mewakili Pak Bupati dalam memberikan penghargaan kepada Pak Presiden,” kata Husni Merza dikonfirmasi Tribunpekanbaru.com.

Ia menceritakan, penghargaan yang diberikan adalah Anugerah Bakti Utama Pusaka untuk Jokowi yang diserahkan secara langsung oleh Ketua Presidium JKPI terpilih, Bima Arya. Penghargaan tersebut diberikan karena Jokowi merupakan salah satu pencetus lahirnya JKPI ketika menjabat sebagai Wali Kota Solo pada 2008 lalu.

“Ketua Pressedium juga menyampaikan hasil kongres V JKPI Bogor. Salah satu hasilnya adalah penetapan ibukota kebudayaan untuk 8 daerah se Indonesia,” kata Husni.

Delapan daerah yang ditetapkan sebagai ibukota Kebudayaan itu adalah Surakarta (Ibu Kota Kemajuan Kebudayaan), Sawahlunto (Ibu Kota Warisan Sejarah), Banda Aceh (Ibu Kota Bandar Maritim), Bogor (Ibu Kota Berkelanjutan), Siak Sri Indrapura (Ibu Kota Literasi dan Pendidikan), Ambon (Ibu Kota Kreatif), Denpasar (Ibu Kota Kebangsaan) dan Sumbawa (Ibu Kota Perubahan Iklim).

“Sebagai ibukota kebudayaan di bidang literasi dan pendidikan tentu membuat kita sangat membanggakan sekaligus menantang. Tentu kita terus berbenah di bidang literasi dan pendidikan ini,” kata Husni.

Kongres V JKPI ini ditutup dengan penyerahan penghargaan tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terkait diorbitkannya 8 ibukota kebudayaan juga mendapat apresiasi dari Jokowi.

Husni juga menyampaikan kongres JKPI V itu dihadiri 38 kepala daerah dan sejumlah perwakilan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved