Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Lepas Tim Jemput Bola, Vaksinasi Covid-19 di Pelalawan Door to Door

"Target kita capaian vaksinasi 70 persen sampai akhir tahun ini. Sekarang Pelalawan masih 41 persen lebih. Ini yang sedang kita kejar untuk meraih her

Penulis: johanes | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan Riau membentuk tim jemput bola dengan tujuan untuk percepatan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Pelalawan.

Pelepasan tim percepatan vaksinasi dilakukan secara simbolis di depan kantor Diskes Pelalawan di komplek perkantoran Bhakti Praja Pangkalan Kerinci, Senin (6/12/2021).

Belasan mobil ambulance dari berbagai Fasilitas Kesehatan (Faskes) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Rumah Sakit (RS) swasta berbaris di depan kantor Diskes.

Kemudian dilepaskan secara simbolis sambil berjalan dan membunyikan sirene yang kuat sebagai tanda dimulainya vaksinasi jemput bola.

"Tim ini akan menjemput bola dalam memvaksin masyarakat. Jika selama ini kita menunggu warga datang di Faskes, sekarang pelayanannya door to door," ungkap Kepala Diskes Pelalawan, Asril M.Kes, kepada tribunpekanbaru.com, Senin (6/12/2021).

Asril menjelaskan, tim jemput bola melibatkan seluruh vaksinator yang ada di Pelalawan baik dari jajaran Diskes maupun swasta. Diantaranya 14 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, RS Efarina, RS Amelia Medika, PT RAPP, dan Faskes lainnya.

Untuk tahap pertama ini, lanjut Asril, tim jemput bola akan menyuntikan 27 ribu dosis vaksin yang telah diterima Satgas Covid-19 Pelalawan pekan lalu.

Dua puluhan ribu dosis vaksin berbagai jenis itu harus dihabiskan hingga 12 Desember mendatang. Hal itu sesuai dengan perintah Ketua Satgas Covid-19 Pelalawan H Zukri saat rapat koordinasi pada pekan lalu.

Adapun teknis kerja tim percepatan vaksinasi ini yakni Tenaga Kesehatan (Nakes) dan tim vaksinator lainnya akan berjalan ke rumah warga untuk memvaksin warga yang sama sekali belum menerima vaksin. Khususnya daerah-daerah yang capaian vaksinasinya rendah.

"Target kita capaian vaksinasi 70 persen sampai akhir tahun ini. Sekarang Pelalawan masih 41 persen lebih. Ini yang sedang kita kejar untuk meraih herd immunity," pungkasnya.

Asril mengimbau masyarakat yang belum menerima vaksin segera menghubungi Puskesmas terdekat. Bisa juga mendatangi gerai vaksinasi yang ada di wilayah masing-masing.

(Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved