Breaking News:

Berita Siak

Dishub Siak Gandeng PLN UP3 Pekanbaru Tertibkan Lampu Penerangan Jalan Umum

Dishub Siak gandeng PT PLN UP3 Pekanbaru dan PLN Siak untuk penertiban lampu penerangan jalan umum di seluruh kabupaten Siak.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Kepala Dinas Perhubungan Siak Junaidi berfoto bersama dengan pihak PLN UP3 Pekanbaru usai bekerjasama menertibkan lampu PJU di kabupaten Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Dinas Perhubungan (Dishub) Siak gandeng PT PLN (Persero) UP3 Pekanbaru dan PLN Siak untuk penertiban lampu penerangan jalan umum di seluruh kabupaten Siak.

Sebab masih ada lampu jalan yang tidak resmi di beberapa jalan umum terlebih di jalan perkampungan.

Kepala Dishub Siak Junaidi mengatakan, pihaknya dengan PLN telah melakukan survey sejak Februari 2021 lalu jumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) di kabupaten Siak.

Survey itu dalam rangka pendataan jumlah PJU yg ada di Kabupaten Siak baik resmi maupun tidak resmi.

“Survey itu dilakukan untuk penertiban administrasi maupun teknis terhadap Lampu PJU yang tidak resmi,” kata Junaidi, Rabu (7/12/2021).

Ia menerangkan, ide untuk penertiban lampu PJU ini disampaikan ke pihak PT PLN (Persero) UP3 Pekanbaru.

Pihak PLN menyambut baik ide tersebut sehingga ada upaya antara kedua pihak untuk besinergi menurunkan tagihan listrik PJU di Kabupaten Siak.

Hal tersebut dilakukan secara bertahap.

“Jadi kami dengan pihak PLN telah satu persepsi tentang rencana ini sejak awal. Tinggal lagi bagaimana kita bersama-sama menertibkannya,” kata dia.

Adapun tahapan demi tahapan yang akan dilaksanakan antara lain, mengganti lampu mercury menjadi lampu hemat energy atau LED. Keuntungan dari penggantian ini adalah daya lebih rendah namun daya terang yang minimal sama.

“Kemudian kami bakal mengganti sistem non meterisasi menjadi meterisasi agar perhitungan tagihan dapat lebih terukur,” kata dia.

Selain itu, Junaidi juga amat bersyukur karena PT. PLN (Persero) UP3 Pekanbaru memberikan bantuan Lampu Hemat Energi sebanyak 200 unit. Bantuan itu diterima Dishub Siak untuk dipasangkan ke beberapa PJU yang akan diganti.

“Kami juga meminta kepada masyarakat agar tidak memasang lampu PJU secara ilegal, karena itu sangat membahayakan,” kata dia. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved