Breaking News:

Ganggu Sholat Jumat Umat Muslim di Gurugram, Kelompok Ekstremis Hindu India Teriakan Salam Tuhan Ram

Sudah dua bulan lebih kelompok ekstremis Hindu India mengganggu muslim yang ingin sholat Jumat dengan berbagai cara. Bahkan mereka menggunakan kotoran

Vipin Kumar/Hindustan Times via Aljazeera
Umat Hundu India provokasi imam sholat Jumat 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Ekstremis Hindu India terus mencegah umat muslim di India untuk menggelar sholat Jumat di lapangan terbuka. 

Kaum minoritas itu terpaksa sholat Jumat di lapangan lantaran susahnya membangun masjid di daerah itu.

Protes sudah berlangsung selam adua bulan lebih. India terus dibayangi aksi intoleransi.

Di Gurugram, kurang dari satu jam di luar ibu kota India, New Delhi, menyebabkan kemarahan dan kecemasan di kalangan minoritas.

Dilansir dari Aljazeera, Jumat lalu, para demonstran memarkir hampir selusin truk di salah satu tempat ibadah di Sektor 37 Gurugram, yang lebih dikenal dengan nama lamanya Gurgaon, di negara bagian utara Haryana, yang diperintah oleh Partai Bharatiya Janata pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi. (BJP).

Ketika sekelompok Muslim tiba untuk salat berjamaah mingguan, kerumunan pria Hindu mulai meneriakkan slogan-slogan keagamaan, termasuk Salam Tuhan Ram, mencela para jamaah, dan mengatakan bahwa salat tidak akan diizinkan, semuanya di hadapan keamanan polisi yang ketat.

Gurugram, rumah bagi 1,1 juta orang, menurut sensus 2011, adalah pusat keuangan dan teknologi di mana banyak perusahaan multinasional memiliki kantor mereka. Kurang dari 5 persen penduduknya beragama Islam.

Dihadapkan dengan kekurangan masjid, Muslim Gurugram telah melaksanakan salat Jumat mereka di taman dan di lahan kosong selama bertahun-tahun dengan persetujuan dari pihak berwenang. Sekitar 100 situs semacam itu dialokasikan untuk tujuan tersebut.

Tetapi protes terus-menerus oleh kelompok-kelompok Hindu telah mengganggu salat dalam beberapa bulan terakhir, mendorong pejabat kota untuk menarik izin dari sebagian besar situs.

Dalam sebuah video yang menjadi viral Jumat lalu, seorang warga Hindu bernama Dinesh Bharti terlihat memprovokasi seorang imam Muslim, yang diidentifikasi sebagai Shehzad Khan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved