Breaking News:

Berita Siak

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Riau Serahkan Piagam Penghargaan Opini WTP ke Pemkab Siak

Piagam dan penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Siak Arfan Usman.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Riau Ismed Saputra (kanan) menyerahkan piagam penghargaan opini WTP atas LKPD Siak tahun 2020 kepada Sekda Siak Arfan Usman, Rabu (8/12/2021) di Balairung Datuk 4 Suku, kompleks perumahaan Abdi Praja Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Riau Ismed Saputra menyerahkan piagam penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Pemkab Siak tahun 2020, Rabu (8/12/2021) di Balairung Datuk 4 Suku, kompleks perumahaan Abdi Praja Siak.

Piagam dan penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Siak Arfan Usman.

Opini WTP merupakan predikat yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap daerah yang berhasil melaporkan kinerja keuangan secara tertib, akuntabel dan sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). Siak sudah 10 kali berturut -turut memperoleh opini WTP dari BPK RI, sejak 2011-2020.

Ismet Saputra mengucapkan selamat kepada Pemkab Siak usai menyerahkan piagam penghargaan atas raihan opini WTP LKPD 2020 tersebut. Ia mengatakan Pemkab Siak berhasil menyusun dan menyajikan LKPD 2020 secara tertib, akuntabel dan sesuai SAP.

“Kita patut memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Siak karena 10 kali berturut-turut meraih opini WTP. Di provinsi Riau ini hanya 2 kabupaten yang berhasil 10 kali meraih opini WTP berturut-turut, yakni Kabupaten Siak dan Kabupaten Kuantan Singingi,” kata Ismet.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pekanbaru Khairil Indra, Plt Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak Robiati, Pimpinan OPD, serta perwakilan penghulu kampung dari setiap Kecamatan se-Kabupaten Siak.

Kegiatan tersebut sekaligus digelar rapat koordinasi penyaluran Dana Transfer dan Dana Desa tahun 2022. Arfan Usman sangat bersyukur atas piagam penghargaan yang diterimanya tersebut.

"Alhamdulillah saya bersyukur dan sangat senang, hari ini Kabupaten Siak telah menerima piagam dan penghargaan atas raihan opini WTP, yang disampaikan Ditjen Perbendaharaan Riau, Kementerian Keuangan RI. Ini kerja keras kita bersama bisa menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah,” kata dia.

Ia menjelaskan, opini WTP adalah audit tertinggi dari BPK RI terkait pengelolaan anggaran di pemerintah daerah, termasuk juga di kementrian atau lembaga negara lainnya. Opini WTP ini ditertibkan jika laporan keuangan dianggap telah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik dan bebas dari salah saji material.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh OPD yang telah berkontribusi dalam penyusunan LKPD 2020. Saya berharap semoga prestasi ini bisa terus bertahan, bahkan meningkat untuk di tahun selanjutnya,” kata dia. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved