Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Pelalawan Siaga Banjir dan Longsor, Karhutla Malah Muncul di Perbatasan Bunut & Teluk Meranti

personil dari instansi lainnya juga sedang berjibaku di lokasi untuk memadamkan api. Namun luas lahan yang terbakar belum bisa diperkirakan

Penulis: johanes | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Di saat Kabupaten Pelalawan menetapkan status siaga bencana banjir dan longsor sejak Bulan November lalu, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) malah muncul di Pelalawan, Rabu (8/12/2021).

Karhutla terdeteksi di perbatasan Desa Merbau Kecamatan Bunut dengan Desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti. Api Karhutla membakar areal yang ada di tengah hutan dan semakin membesar. Diduga lahan tersebut milik perusahaan yang beroperasi di sekitar Kecamatan Teluk Meranti dan Bunut. Proses pemadaman sudah dilakukan oleh tim gabungan dari berbagai instansi.

"Api muncul sejak Selasa (7/12/2021) kemarin. Pagi api terlihat, mulai sore sudah dipadamkan," kata Kepala Satpol PP dan Damkar Pelalawan, Abu Bakar FE, kepada tribunpekanbaru.com, Rabu (8/12/2021).

Abu Bakar menyebutkan, proses pemadaman melibatkan puluhan personil dari instansi gabungan yakni TNI, Polri, BPBD, Satpol PP dan Damkar, Manggala Agni, masyarakat, dan perusahaan sekitar. Bahkan satu unit helikopter milik Sinar Mas juga diturunkan untuk melakukan bom air atau Water Bombing (WB) di lokasi kebakaran. Disamping itu, ada juga alat berat jenis eskavator yang bekerja di lapangan untuk membantu pemadaman dan pendinginan, ditambah peralatan pemadam lainnya yang dibawa tim.

"Dari kita ada 3 tim yang dikerahkan. Tim dari Pangkalan Kerinci, Teluk Meranti, dan Bunut. Sekarang masih proses pemadaman," tambah Abu Bakar.

Informasi yang diperoleh Abu Bakar, lahan yang terbakar diduga masuk dalam lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Arara Abadi distrik Melako. Berdekatan dengan kebun akasia yang masih muda dan baru ditanam. Sedangkan informasi lainnya menyebutkan lahan yang dilalap api itu masuk areal PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS).

"Itu daerah perbatasan. Jika secara administrasinya kemungkinan masuk Bunut. Ada juga masuk ke Teluk Meranti. Luas yang terbakar beluk diketahui," tambah Abu Bakar.

Informasi terkait Karhutla ini telah muncul dan beredar luas di Media Sosial (Medsos) Facebook dan Instagram yang menyebutkan kebakaran lahan terjadi di daerah Pangkalan Terap, Teluk Meranti. Tampak personil gabungan sedang menuju lokasi untuk melakukan pemadaman. Api terlihat membakar lahan yang sepertinya sudah dibersihkan atau stacking yang bisanya untuk persiapan penanaman.

Humas PT Arara Abadi Distrik Melako, Ahadi yang dikonfirmasi tribunpekanbaru.com membantah jika lahan yang dilalap api saat ini merupakan konsesinya. Namun berada di luar HTI perusahaan dan posisi dekat dengan lahan PT Arara Abadi.

"Itu di luar areal konsesi kita. Memang jaraknya sudah dekat, sekitar 1 Kilometer ke lahan kita," terang Ahadi, Rabu (8/12/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved