Breaking News:

Berita Pelalawan

Karhutla di Pelalawan Belum Teratasi, Api Muncul Lagi di Pulau Muda,Tim Berbagi Tugas

Karhutla di Pelalawan belum teratasi, kembali muncul jelang akhir tahun 2021, di Desa Pangkalan Terap dan Pulau Muda

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Personil dari tim gabungan berbagai instansi memadamkan api Karhutla di Desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, Kamis (9/12/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Karhutla di Pelalawan belum teratasi, kembali muncul jelang akhir tahun 2021. Di saat status siaga bencana banjir dan longsor ditetapkan bulan lalu, mengakhiri status bencana Karhutla sebelumnya.

Belum tuntas proses pemadaman karhutla yang muncul di Desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti yang berbatasan dengan Desa Merbau Kecamatan Bunut pada Rabu (8/12/2021) lalu, kebakaran lahan kembali muncul di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti Kamis (9/12/2021).

Api muncul sejak Rabu (8/12/2021) lalu dan semakin membesar hari ini.

"Sampai hari ini ada dua kejadian Karhutla di Pelalawan. Di Pangkalan Terap yang terjadi sejak dua hari lalu, kemudian di Pulau Muda sejak kemarin," ungkap Kepala Satpol PP dan Damkar Pelalawan, Abu Bakar FE melalui Kabid Damkar Taswir kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (9/12/2021).

Taswir menyebutkan, dengan munculnya titik api baru di Desa Pulau Muda, personil tim gabungan harus berbagi tugas.

Sebagian personil dikirim ke Pulau Muda untuk membantu proses pemadaman.

Penanggulangan awal telah dilakukan oleh tim dari Masyarakat Peduli Api (MPA) di lokasi sejak kemarin dan hari ini dibantu tim dari Satpol PP dan Damkar, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan instansi lainnya.

Kondisi medan di Pulau Muda cukup sulit dijangkau petugas karena jaraknya jauh ke dalam hutan.

Ditambah lagi dengan ketersediaan air yang minim dan jaraknya jauh.

Petugas hanya bisa melakukan pemadaman secara manual saja untuk mengantisipasi api semakin membesar. Namun efektivitas sangat kecil dan api semakin membesar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved