Breaking News:

Berita Pelalawan

Keris Dipegang, Tanjak dan Selempang Dipasang, Prosesi Adat Bupati dan Wabup Pelalawan, Ini Gelarnya

Bupati Pelalawan H Zukri dan Wakil Bupati H Nasarudin SH MH resmi ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah dan Datuk Timbalan Setia Amanah

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Bupati Pelalawan Zukri dan Wabup Nasarudin SH MH resmi ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah dan Datuk Timbalan Setia Amanah pada Kamis (9/12/2021) di Istana Sayap Pelalawan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Prosesi adat penabalan gelar Bupati dan Wabup Pelalawan berlangsung khidmat.

Bupati Pelalawan H Zukri dan Wakil Bupati H Nasarudin SH MH resmi ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah dan Datuk Timbalan Setia Amanah pada Kamis (9/12/2021) di Istana Sayap Pelalawan.

Gelar itu diterima Zukri dan Nasarudin dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Pelalawan setelah tujuh bulan lebih menjabat sebagai kepala daerah.

Proses adat pemberian gelar itu dilakukan karena menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai bupati dan wakil bupati, sesuai amanah yang telah diberikan masyarakat Pelalawan.

Diawali dengan prosesi Togak Tonggol dan Payung Panji yang merupakan upacara adat Melayu Petalangan.

Disertai juga dengan Tari Zapin Pecah Dua Belas yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) asal Kabupaten Pelalawan.

Proses penabalan Bupati Zukri dan Wabup Nasarudin ditandai dengan pemasangan tanjak oleh Sultan Pelalawan X Assyyaidis Syarif Kamaruddin Haroen yang merupakan Tengku Besar Pelalawan.

Dilanjutkan dengan pemasangan selempang Datuk Seri Setia Amanah H Syamsuar yang merupakan Gubernur Riau.

Sedangkan pemasangan keris dilakukan oleh Ketua LAM Riau Syahril Abu Bakar.

Bupati Zukri yang baru ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah menyampaikan, tugas mulia yang diamanatkan bukanlah beban baginya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved