Breaking News:

Berita Rohul

Sejumlah Anggota DPRD Rohul Doyan Bolos, Surat Ditanggapi Seperti Angin Berhembus

Menanggapi buruknya absensi anggotanya, Ketua DPRD Rohul mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan hal tersebut BK

Penulis: Syahrul | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan
Menanggapi buruknya absensi anggotanya, Ketua DPRD Rohul mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan hal tersebut BK. Foto: Sepinya ruang rapat paripurna DPRD Rohul dalam suatu agenda pembahasan Ranperda beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Menanggapi buruknya absensi anggotanya, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan hal tersebut kepada Badan Kehormatan DPRD Rokan Hulu untuk ditindaklanjuti.

"Sebagai legislator, kedudukan kami kan semuanya sama. Kolektif Kolegial. Jadi, kewenangan untuk memberikan teguran langsung itu tidak ada dan sepenuhnya menjadi milik BK," katanya pada Kamis (9/12/2021).

Dia melanjutkan, sebelumnya terkait bahan absesnsi legislator DPRD Rohul sudah pernah diminta oleh Yayasan Bening Nusantara.

Menanggapi hasil analisis tersebut, Wanda menerangkan, bahwa pihaknya sudah menyerahkan seluruhnya kepada BK untuk ditindaklanjuti.

Dia menerangkan, proses pendekatan kepada rekan sesama legislator di lingkungan DPRD Rohul sebenarnya sudah pernah dilakukan.

Mulai dari menyurati yang bersangkutan sampai menyurati partai politik terkait untuk memberi semangat kepada sesama legislator agar lebih semangat menjalankan tugas.

Namun sayang, seperti angin berhembus, surat-surat tersebut tidak mendapat balasan tanggungjawab seperti yang diinginkan oleh pihaknya.

"Ya gak ada responnya. Sebenarnya kan itu yang kita sayangkan," jelasnya.

Wanda berharap, BK DPRD Rohul dapat menyelesaikan masalah tersebut hingga bisa membuat para legislator lebih bertanggungjawab dalam menjalankan tugas dan kewajiban.

"Kita ikuti saja bagaimana prosesnya di BK. Karena, untuk menindaklanjuti masalah kedisiplinan sepenuhnya menjadi ranah BK," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Bening Nusantara Indra Ramos menyayangkan rendahnya tingkat tanggungjawab anggota dewan di lingkungan DPRD Rohul dalam menjalankan tugas.

Hal ini ditunjukkan oleh minimnya angka absensi legislator terhadap kegiatan yang digelar di kantor dewan tersebut.

"Kecuali unsur pimpinan, semua absensi anggota dewan buruk dan hanya berkisar diangka 13 persen kehadiran saja. Artinya, ada sekitar 87 persen absensi dewan yang tak terpenuhi sepanjang 2021," tandasnya. (Tribunpekanbaru.com/Syahrul Ramadhan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved