Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Komisi IV DPRD Minta DLHK Segera Atasi Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan Raya

Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan menyoroti tumpukan sampah di beberapa titik Kota Pekanbaru

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan menyoroti tumpukan sampah di beberapa titik Kota Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Beberapa hari terakhir, tumpukan sampah di beberapa titik di Kota Pekanbaru, makin banyak.

Kondisi ini terus terjadi, karena DLHK Pekanbaru selaku OPD yang bertanggung jawab, tidak bekerja maksimal.

Situasi seperti ini dikhawatirkan terus terjadi, hingga awal tahun depan.

Apalagi sampai sekarang, tender pengelolaan sampah di LPSE Kota Pekanbaru, belum selesai.

Pantauan Tribunpekanbaru.com hingga Jumat siang (10/12/2021), titik sampah masih meluber di Jalan Soekarno Hatta, tepatnya sebelum Simpang Jalan Lobak/Ardath, di sekitaran Perum Sidomulyo Arengka Atas, Jalan Rajawali, Jalan Subrantas dan beberapa titik lainnya.

"Tentu ini kita pertanyakan. Kenapa tidak bisa diatasi. DLHK jangan beralasan karena sedang tender, karena hal-hal seperti ini harus diantisipasi sebelumnya," tegas Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan, kepada Tribunpekanbaru.com.

Diakuinya, Walikota Pekanbaru Firdaus MT kemarin baru melantik Kepala DLHK Pekanbaru yang baru, Hendra Afriadi. Diharapkan dengan nakhoda baru, bisa mengatasi masalah klasik ini.

Sebab, beberapa tahun belakangan ini, Kota Pekanbaru selalu saja dihadapkan dengan persoalan sampah. Bahkan kasusnya sempat ditangani Polda Riau.

"Masalah sampah ini tidak boleh main-main. Masyarakat hampir setiap hari mengeluhkan tumpukan sampah kepada kami. Terakhir dilaporkan, tumpukan sampah di pinggir Jalan Soekarno Hatta dekat Perum Sidomulyo. Saya berkali-kali menelepon DLHK, tapi tak direspon," kesalnya.

Dengan pola kerja seperti ini, apalagi mental pejabat yang sulit berkoordinasi, harus dievaluasi Walikota. Apalagi ini masalah urgen, yang sangat meresahkan masyarakat.

"Harusnya kan sudah ada pola kerjanya. Tidak seperti sekarang, terkesan formalitas saja. Makanya kita tidak salah mempertanyakan ribuan THL yang ada di DLHK itu, mana orangnya," sebut Politisi Partai Gerindra ini lagi.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa DLHK Pekanbaru sudah saatnya berbenah. Jangan lagi memakai pola kerja yang lama, sementara sampah terus saja menumpuk.

Sejak awal, Komisi IV DPRD Pekanbaru tidak setuju pengelolaan sampah ini dipihak ketigakan. Karena endingnya sudah sama-sama dirasakan, bahkan lebih buruk dari itu, makin banyak tumpukan sampah.

"Kami harapkan, ini menjadi atensi semua pihaklah. Jangan habis energi kita hanya mengurus masalah sampah ini. Belum lagi nanti di awal tahun, persoalan tumpukan sampah makin menjadi. Apalagi sekarang tender sampah ini masih dalam proses," tegasnya

( Tribunpekanbaru.com / Syafruddin Mirohi )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved